Deretan Mobil Non US-Spec Angkatan ’98 Akhirnya Bisa Mengaspal Di AS

3 January 2023 | 7:00 pm | Rizky Dermawan

Meski di Amerika Serikat banyak beredar mobil buatan Eropa dan Jepang, namun fitur dan kelengkapan yang dibekalkan serta standar keselamatan harus sesuai spesifikasi yang berlaku. Istilah populernya, mobil US-Spec.

Sementereng apapun model, merek maupun harganya jika tak memenuhi standar mobil US-Spec maka bakal diharamkan untuk beredar di jalan raya seantero AS.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi industri otomotif dalam negeri Amerika Serikat. Selama beberapa dekade pemerintah Amerika Serikat melarang impor mobil non US-Spec. Berdasarkan regulasi Vehicle Safety Compliance Act, mobil kategori “terlarang” tersebut untuk bisa mengaspal di AS minimal harus berusia 25 tahun.

Kali ini kami tampilkan sederet mobil keren angkatan ’98 yang tahun ini genap berusia 25 tahun dan dapat diimpor ke Amerika Serikat–dengan sejumlah syarat dan ketentuan tentu saja… Kasihan sekali orang Amerika.  

Nissan Skyline (R34)

Jajaran model Nissan Skyline (R34) memang diluncurkan pada 1998, namun model GT-R justru baru muncul setahun kemudian. Karena belum genap 25 tahun, pilihan alternatifnya yakni varian GTS-T berpenggerak RWD yang dibekali mesin 6-silinder turbo RB20DET dengan opsi transmisi manual. Selain jauh lebih murah dari GT-R, model GTS-T cocok bagi yang menyukai gaya mengemudi ala drifting.

Mitsubishi Lancer Evolution V

Mobil yang populer dengan sebutan Evo V ini begitu melegenda di ajang rally. Tahun ini usia Evo V telah genap 25 tahun, jadi sudah bisa diimpor ke Amerika Serikat.

Baca juga :  Ini Fitur Dan Teknologi Terbaru Dari Yamaha NMAX TURBO!

Mesin 4-silinder 2.0-liter turbo (4G63T) bertenaga 276 hp dan torsi 373 Nm yang diusung masih dapat didongkrak lagi performanya. Transmisi manual 5-speed dan pengerak AWD menjadi kelengkapan standar pada Evo V. Mobil ini jadi salah satu incaran karena hanya diproduksi selama 1 tahun (1998-1999) dan digantikan oleh Evo VI.

Jika mengharapkan spek balap yakni RS (Rally Sport), harganya menyebalkan, bahkan untuk ukuran orang US. Selain jumlahnya sangat langka karena hanya digunakan untuk keperluan balap, harganya pun amat sangat mahal. Untuk spek jalan raya yakni GSR masih banyak tersedia di pasaran mobkas.

Subaru Impreza STi 22B

Salah satu spesies Subaru Impreza STi yang jadi incaran kolektor adalah varian 22B. Mobil yang diluncurkan bertepatan dengan edisi 40 Tahun Subaru ini hanya dibuat 400 unit. Sebanyak 399 unit yang dipasarkan sold out dalam 48 jam setelah diluncurkan!

Harga pasarannya saat ini tembus seperempat juta dolar atau hampir Rp 4 milyar! Populasi mobil ini banyak beredar di Australia, Inggris dan Jepang. 

Meskipun performa mobil di Jepang dibatasi tak lebih dari 280 hp, namun mesin boxer 4-silinder 2.2-liter turbo yang diusungnya memuntahkan tenaga 345 hp dan torsi maksimum 363 Nm.

Proton Satria GTi

Hatchback buatan pabrikan otomotif asal Malaysia ini gaungnya memang tak sepopuler Mitsubishi Lancer. Bermodalkan mesin 4-silinder 1.8L (4G93P) derivatif dari Mitsubishi Lancer GSR ini juga ikut berlaga di sejumlah seri kejuaraan rally WRC Asia-Pasifik bersama Evo dan WRX STi.

Baca juga :  GAC AION Bakal Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik Di Indonesia?

Abaikan output tenaganya yang hanya 138 hp. Dengan body kit, suspensi racikan Lotus dan jok sport Recaro bawaan sejak lahir plus harganya yang terjangkau, mobil ini layak untuk diburu. Di Indonesia juga ada beberapa yang berkeliaran. 

Porsche dan Nissan GT1

Dua mobil jalan raya terakhir adalah makhluk fenomenal yang lahir menjelang era milenium. Pada eranya, rancang bangun dan teknologi yang diusung membuat Nissan R390 GT1 Road Car serta Porsche 911 GT1 Straßenversion membuat publik dunia tercengang.

Meski sama-sama berbasis dari mobil balap Le Mans kelas GT1, namun masing-masing memiliki nasib dan status yang berbeda.

Berbekal mesin 3.5L V-8 bi-turbo bertenaga 550 hp, Nissan R390 GT1 Road Car adalah mobil yang tak ada duanya. Ya, hanya ada satu di dunia, karena memang terlahir sebagai mobil eksperimental.

Porsche 911 GT1 Straßenversion (street version) lain lagi ceritanya. Supercar fenomenal Porsche yang dibekali mesin 6-silinder flat 3.2L twin-turbo bertenaga 536 hp ini dibanding Nissan R390 GT1 Road Car jumlahnya lebih banyak. Hanya 25 unit di dunia.

Soal harga, salah satu Porsche 911 GT1 Straßenversion yang terakhir kali muncul dalam lelang pada tahun 2022 lalu berhasil ketok palu di angka €10,5 juta atau setara Rp 176 milyar!

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x