Dua Mobil Kenegaraan Antik Ratu Elizabeth II

9 September 2022 | 9:00 am | Indra Alfarisy

Ratu Elizabeth II adalah penyuka otomotif. Namun untuk acara kenegaraan, Inggris menyediakan dua mobil ‘antik’. 

Ratu Elizabeth II, pemimpin kerajaan Inggris diberitakan meninggal dunia hari ini (09/09/2022) dalam usia 96 tahun. Di luar sepak terjangnya sebagai pemimpin negara dan pengayom rakyatnya, kami ingat betul kalau ratu yang satu ini suka mobil.

Bukan cuma suka, ia juga paham memperbaiki dan merawat mobil. Ini dibuktikan saat perang dunia kedua, ia mengabdi di angkatan bersenjata Inggris sebagai mekanik. Ya, mekanik. Atau kalau keluar istana untuk acara pribadi, ia sering mengemudikan sendiri mobilnya. 

Tapi sebagai ratu, Inggris juga menyediakan kendaraan kenegaraan yang pantas. Dan jujur, mobilnya memukau. Supaya tidak terlalu panjang, mobil-mobil pendahulu Elizabeth II akan kami muat di artikel terpisah. Nah, apa saja mobil-mobil yang dipakai sang ratu? 

Bentley State Limousine

Mobil ini hanya ada dua di dunia, pastinya. Dipersembahkan oleh Bentley tahun 2002 untuk memperingati Golden Jubilee, alias perayaan 50 tahun Elizabeth II bertakhta. Mobil pertama diberikan secara gratis. Yang kedua dibeli oleh kerajaan. Inilah mobil yang kerap mengantarkannya dalam berbagai acara kenegaraan. Baik di dalam atau luar negeri.

Berbasis Bentley Arnage, tidak ada yang mengejutkan di mobil ini. Body-nya dibuat oleh Mulliner, karoseri yang khusus bikin Bentley lebih mewah. Yang menarik, di atapnya ada tempat menaruh lambang kenegaraan. Logo Bentley di kap mesin diganti menjadi maskot pribadi Ratu Elizabeth II, Saint George yang digambarkan sedang membunuh seekor naga. Atau kalau sedang jalan di Skotlandia, lambangnya berubah menjadi logo singa.

Baca juga :  Mengenal Kei Car ABC, Trio Mungil Dari Jepang¬†

Kabinnya bukan cuma bisa menghadang ledakan bom atau semburan peluru tapi juga serangan gas beracun. Ban dilindungi oleh lapisan kevlar. Dan berbagai macam perlindungan khas kepala negara lainnya. Mesin V8 6,75 liter diambil dari Bentley Arnage R yang dimodifikasi supaya bisa menghasilkan 400 tenaga kuda. Torsi puncak mencapai 835 Nm. Awalnya hanya menenggak BBM bensin biasa. Tapi tahun 2009, Inggris mengatakan mobil ini dikonversi agar bisa mengkonsumsi biofuel.

Kabin Bentley State Limousine juga dibekali dengan tatanan yang sesuai untuk seorang ratu. Pelapis interior dibuat khusus oleh Hield Brothers, perusahaan textile ternama Inggris. Jok belakang dilapisi bahan wol halus. Kami yakin, ini pasti nyaman sekali.

Range Rover Hybrid LWB

Tahun 2015, saat menginspeksi pasukan Royal Welsh Regiment, Ratu Elizabeth II memberikan kejutan. Beliau bersama mendiang suami, Pangeran Phillip, hadir menggunakan SUV Land Rover Range Rover hybrid chassis panjang (LWB), yang khusus dibuat untuknya.

Rangie ini bukan yang pertama kali disediakan oleh pabrikan Inggris tersebut. Bahkan merupakan produk keempat yang mereka buat untuk sang ratu, yang memang suka sama Land Rover. Bahkan ia kerap mengemudikan sendiri SUV ini di lahan pribadinya.

Keunikan yang ada adalah atapnya bisa dibuka dan menjadikan mobil ini berstatus landaulet, sehingga ratu bisa berdiri untuk melakukan inspeksi. Makanya mobil ini (dan mobil inspeksi sebelumnya) dinamai Range Rover State Review vehicle.

Baca juga :  Deretan Mesin 'Panjang Umur' Andalan Mobil Biasa di Indonesia

Di balik kap mesinnya bersemayam mesin turbo diesel V6 3.0 liter yang dipasangkan dengan penggerak elektrik. Tenaga 335 hp dan torsi 700 Nm disalurkan melalui transmisi otomatis buatan ZF.

 

5 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x