Ganti Busi Bugatti Veyron Ternyata Sangat Rumit

28 April 2023 | 4:47 pm | Rizky Dermawan

Anda pernah mengalami masalah pada sistem pengapian mesin hingga harus mengganti busi dan koil pengapian? Sebagian besar dari anda tentu akan menyerahkan pengerjaan perbaikan pada mekanik bengkel. Walau mungkin ada pula yang mengerjakannya sendiri. Lantas, bagaimana jika yang diganti adalah busi dan koil pengapian dari hypercar seperti Bugatti Veyron?

Barang Sama, Harganya Beda

Busi NGK Laser Iridium atau Bosch Automotive 7431 Double Iridium yang digunakan pada Bugatti Veyron sebenarnya sama seperti yang juga digunakan pada VW Passat CC, Audi Q7, Porsche Cayenne dan juga VW Touareg. Hanya beda kemasan.

Untuk mobil VW maupun Audi harga businya di kisaran $15 – $18 perbuah atau $80-$90 an per kotak isi 6 busi. Sedangkan untuk Veyron dengan kemasan “Bugatti Original”, harganya sepuluh kali lipat lebih mahal. Busi dari Bugatti pun tidak dijual ketengan, alias harus beli satu set isi 16 busi. Maklum…ini Bugatti Veyron…bukan VW.

Itu baru businya saja. Koil pengapian pun harus diganti untuk setiap kali penggantian busi. Harganya sekitar $700 an… per buahnya. Dan anda harus mengganti satu set yang terdiri dari 16 buah koil untuk masing-masing busi. Barangnya pun harus dipesan terlebih dahulu dan bisa memakan waktu sampai satu bulan.

Ongkos jasa servis untuk ganti busi pun cukup mahal, lebih dari $20.000. Ganti hanya satu busi atau satu set 16 buah busi, ongkosnya sama.

Baca juga :  Nuansa Kalcer Jepang di IMX 2024 Surabaya Pop Up Little Tokyo

Mahal? Ya tentu saja. Risiko memiliki sebuah hypercar nomor wahid di dunia. Lantas, mengapa ongkos ganti busi saja bisa sebegitu mahalnya? Nah, ini dia yang perlu disimak.

50 Jam Kerja Hanya Untuk Ganti Busi!

Mengganti busi mobil sedan atau mobil sport ‘biasa’ tidaklah sulit. Cukup cabut kabel busi, lalu lepas busi lama dan pasang busi baru menggunakan kunci busi.

Prosedurnya hampir sama untuk sebagian besar mobil yang beredar di pasaran. Hanya saja pada beberapa model mobil harus terlebih dahulu melepas cover mesin. Proses pengerjaannya kurang lebihnya selama waktu makan siang Anda.

Lain ceritanya dengan Veyron. Konstruksi ruang mesin dan mesinnya sendiri amat sangat njlimet. Untuk mencapai pucuk kabel busi mesin W16 Veyron prosedurnya cukup panjang. Dari waktu anda sarapan pagi hingga anda selesai makan malam pun prosesnya belum rampung.

Prosesnya mirip turun mesin

Proses penggantian busi Veyron butuh waktu yang hanya terpaut sedikit dari proses turun mesin. Rata-rata butuh waktu antara 40 – 50 jam kerja. Mekanik balap yang sangat berpengalaman pun tetap butuh waktu paling cepat 35 jam kerja.

Tahap pertama, sejumlah panel body bagian belakang harus dilepas. Hanya bumper belakang saja yang masih tetap menempel. Untuk melepas panel body saja memakan waktu beberapa jam.

Setelah panel body terlepas, mekanik akan memasang rig penopang khusus pada sasis belakang dan rangka dudukan mesin.

Baca juga :  Mini Cooper S 2-Door Siap Dipasarkan Mulai Mei 2024

Meskipun bongkahan mesin W16 4.8-liter milik Veyron sudah terlihat, kabel busi tak semudah itu untuk dapat dirogoh dengan tangan. Mekanik masih harus melepas cukup banyak komponen pada mesin. Semua dikerjakan dengan cermat. Sebutir sekrup atau baut tercebur ke ruang mesin, bakal jadi malapetaka.

Sekitar seratusan pengikat kabel dan selang harus dipotong (hmm…biaya tambahan tentunya). Pengikat mesin bagian atas dan dudukan mesin pun harus dilepas.

Setelah beberapa jam proses penguraian komponen, barulah mekanik dapat mengganti busi dan koil pengapian. Merakit kembali seluruh komponen mesin dan panel body Veyron pun tak kalah rumit dan melelahkan.

Setelah semua terpasang dengan baik dan benar sesuai prosedur, proses pengerjaan masih belum selesai. Mesin tetap harus dicek ulang menggunakan alat diagnostik untuk memastikan kinerja mesin sesuai standar Bugatti.

Para pemilik Veyron mungkin tak pusing dengan biaya dan keruwetan proses perbaikan. Namun setidaknya kita jadi paham, pekerjaan para mekanik Veyron bukan hal sepele. Bahkan walau ‘hanya” untuk mengganti busi dan koil. Ganti oli Veyron? Ehm…itu untuk lain waktu…

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x