Hyundai i30 N, Safety Car World SBK Yang Agresif

14 November 2022 | 8:30 am | Rizky Dermawan

Ajang balap World Superbike (WorldSBK) 2022 kembali menyambangi sirkuit Internasional Mandalika Indonesia yang digelar pada 11-13 November untuk seri terakhir tahun ini. Hyundai Motor Company melalui Hyundai Motorsport turut menurunkan High-Performance Car-nya, Hyundai i30 N. sebagai safety car. Kolaborasi yang telah terjalin sejak 2019 ini pun menjadi pembuktian Hyundai N untuk terus tampil sebagai safety car di setiap musim.

Rancang bangun Hyundai i30 N mengacu pada tiga tema. Performance, emotion & statement dengan material yang lebih ringan, sehingga menghasilkan presisi handling yang lebih baik. Safety Car N ini dibekali mesin 2.0L berkonfigurasi 4 silinder dengan Turbo yang siap menghantarkan output 280 hp dengan torsi 392 Nm. Untuk menyalurkan tenaga, ditanamkan transmisi kopling ganda wet-type 8-speed yang dilengkapi dengan paddle shifter.

Eksterior i30 N terfokus untuk menghasilkan performa dinamis. Sedangkan bagian interiornya, cockpit mobil ini dilengkapi dengan kursi yang disebut N Light. Itu karena bobotnya yang ringan. Tidak ketinggalan, meski ini safety car, tapi fitur layar sentuh yang lebih besar seperti versi jalan raya tidak dilepas.

Dengan kolaborasi bersama WSBK, Hyundai semakin memperkuat komitmen globalnya terhadap industri otomotif, kerjasama ini juga menjadi kesempatan bagi Hyundai untuk memamerkan teknologi mutakhir dari Hyundai N, kepada para pecinta balap motor dan otomotif di seluruh dunia tentunya.

Baca juga :  Roadster Z3 Berjantung V12, Karena BMW Pernah Iseng

Hyundai i30 N WSBK safety car

Ikut Jajal i30 N di Sirkuit

Kami pun berkesempatan merasakan Sirkuit Mandalika untuk demo lap dengan safety car ini. Saat start, hot hatch ini langsung merenggut punggung dan leher kami di bangku belakang. Tendangan turbo membantu akselerasi mobil ini  mengeluarkan seluruh performanya tanpa adanya gejala lag saat shifting (pindah gigi).

Tenaganya luar biasa, sungguh cepat. Setiap tikungan dikunyah habis dengan tingkat presisi tinggi. Hentakan berkualitas dari sistem pengereman pun begitu halus namun menggigit aspal dengan sempurna.

Sedikit terasa berayun saat menikung dengan posisi duduk di kursi belakang. Cenderung oversteer namun dibantu dengan limpahan grip yang kuat dari suspensi depan sehingga kami pun duduk dengan (sedikit) santai sepanjang melibas jalur sirkuit yang terbasuh oleh teriknya matahari. Beberapa fitur yang disematkan untuk membantu pengendalian pada Hyundai N adalah, N Power Sense Axle, N Corner Carving Differential, dan rack-mounted power steering.

Selain itu, dengan ban stadnar balap, mobil terasa lengket dan menyatu dengan lintasan. Fitur pendukung lainnya seperti launch control, downforce enhancements, lap timer, G-Force meter, dan shift indicator semakin memperkaya kemampuannya. Daya gravitasi pun mengacu di angka 1,16 pada G-Force meter di layar saat menikung. 

 

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x