Kondisi Kendaraan Perlu Diperiksa Usai Libur Panjang

2 January 2023 | 3:00 pm | Aldi Prihaditama

Supaya kondisi kendaraan tetap terjaga, penting untuk kembali melakukan servis kendaraan Anda setelah digunakan saat libur panjang akhir tahun.  Sebelum berangkat liburan, tentu saja Anda harus memastikan mobil dalam kondisi prima. Karena itu, mengecek kendaraan dapat dilakukan setelah pulang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 ini.

Beberapa pemeriksaan untuk merawat kendaraan yang digunakan setelah liburan penting dilakukan setiap pemiliknya. Untuk itu, pelajari lebih lanjut jenis-jenis pemeriksaan yang penting dilakukan setelah menggunakan kendaraan dalam liburan akhir tahun, agar tetap dalam kondisi prima.

Periksa Oli Mesin

Oli merupakan material pelumas yang paling penting fungsinya bagi kendaraan. Tanpa adanya oli, maka mesin tidak akan beroperasi dengan normal.  Apalagi, gesekan antar besi akan membuat satu sama lain aus, hingga membuat mesin tersebut rusak. Karena pentingnya, oli wajib selalu dicek secara berkala.

Untuk itu, Anda bisa melakukan pengecekan oli mesin secara berkala agar dapat diketahui kualitas dan jumlah oli yang ada di dalam mesin. Penting untuk Anda berhati-hati melakukannya saat kondisi mesin panas, karena itu pengecekan oli mesin harus dilakukan ketika kondisi mesin diam atau tidak beroperasi.

Periksa Komponen Aki

Tegangan listrik baterai alias aki merupakan sumber listrik dalam sebuah kendaraan. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kondisinya tetap prima. Jika kendaraan jarang digunakan, panaskan mesin pada periode waktu tertentu. Hidupkan mesin minimal satu minggu sekali agar daya listrik tidak hilang dan baterai tidak mudah rusak atau soak.

Baca juga :  Nuansa Kalcer Jepang di IMX 2024 Surabaya Pop Up Little Tokyo

Guna menjaga agar tegangan listrik aki tetap baik dan berfungsi maksimal pada kendaraan, Anda dapat membersihkan terminal aki atau kepala terminal positi (+) dan negatif (-) dengan sikat kawat serta air panas.

Cek Cairan Radiator

Cairan radiator berperan besar dalam menjaga kestabilan suhu mesin. Saat cairan radiator mulai habis, mesin kendaraan akan mengalami overheat dan menyebabkan kerusakan parah pada mesin. Untuk itu, Anda wajib mengetahui tanda saat cairan radiator habis. Yakni, bisa dicek dengan melihat indikator pada panel instrumen atau mengecek langsung pada radiator. Periksa ketinggian air pada tabung cadangan cairan radiator setiap seminggu sekali.

Periksa Kondisi Ban

Saat bepergian dengan kendaraan, ban menjadi salah satu bagian sangat penting yang berkaitan dengan keselamatan berkendara. Pasalnya, jika ban pecah akan menyebabkan kecelakaan pada kendaraan.

Untuk itu, Anda harus mengetahui cara merawat bagian kendaraan satu ini, yaitu dengan melakukan pengecekan tekanan udara. Jika dibiarkan kempes terlalu lama, dapat rusak dan merubah bentuk ban (terjadi flatspot). Selain itu, ban kempes atau bertekanan rendah juga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x