Langkah Atasi Mobil Ketika Mesin Overheat

22 August 2024 | 3:00 pm | Aldi Prihaditama

Mengemudi adalah aktivitas yang menuntut konsentrasi penuh dan keterampilan yang baik, terutama ketika menghadapi situasi darurat di jalan. Situasi darurat dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk mesin yang overheat pada mobil.

Untuk itu, penting bagi setiap pengemudi untuk memiliki pengetahuan dan kesiapan yang memadai dalam menangani situasi tersebut.

Panas berlebih (overheat) pada mobil bisa terjadi kapan saja ketika suhu mesin mengalami kenaikan di atas rata-rata. Apabila tiba-tiba muncul asap dari kap mesin, bisa saja dikarenakan mesin yang overheat.

Jika indikator temperatur mobil menunjukkan panas berlebih, mobil akan mengalami kehilangan tenaga. Biasanya akan terdengar bunyi ping atau ketuk keras, hal ini bisa saja terjadi karena mesin terlalu panas.

Berikut ini adalah langkah pengecekan yang dapat Anda lakukan ketika mesin overheat:

1. Menepi dan berhenti segera setelah cukup aman untuk melakukannya.

2. Pindahkan gear ke posisi P (Parkir, untuk kendaraan bertransmisi Continuously Variable Transmission (CVT) maupun otomatis) atau ke N (Netral, untuk kendaraan bertransmisi manual) dan terapkan rem parkir. Jika A/C aktif, matikan.

3. Jika ada tetesan air pendingin mesin (coolant) di bawah kendaraan atau uap keluar dari kap mesin, matikan mesin. Jangan buka kap mesin hingga pendingin berhenti bekerja atau penguapan berhenti.

Baca juga :  Mengenal Deretan Varian Mitsubishi Triton 2024, Siapa Tahu Mau Usaha

4. Jika tidak terlihat adanya kebocoran air pendingin mesin dan tidak ada uap, biarkan mesin hidup dan periksa untuk memastikan kipas pendingin mesin beroperasi. Jika kipas tidak bekerja, matikan mesin.

5. Periksa kebocoran air pendingin mesin dari radiator, selang atau di bawah kendaraan. Jika air pendingin mesin bocor, segera matikan mesin.

6. Jika Anda tidak dapat menemukan penyebab overheating, tunggu hingga temperatur mesin kembali normal. Kemudian, jika air pendingin mesin berkurang atau habis, tambahkan air pendingin mesin ke reservoir dengan hati-hati.

7. Lanjutkan dengan hati-hati, waspada terhadap tanda-tanda terlalu panas lebih lanjut. Jika terjadi lagi overheating, segera hubungi bengkel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x