Libur Nataru Pakai Kendaraan Pribadi? Segera Cek Komponen Ini!

21 December 2023 | 8:00 pm | Aldi Prihaditama

Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) semakin dekat. Jika berencana liburan memakai kendaraan pribadi, penting untuk memperhatikan beberapa komponen dalam kendaraan agar tetap aman dan nyaman di perjalanan.

Seperti diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi sebanyak 2,88 juta kendaraan akan keluar Jakarta pada mudik Nataru ini. Kondisi tersebut dimulai sejak 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 mendatang.

Jika Anda salah satu bagian dari pemilik kendaraan pribadi yang akan melakukannya, maka pastikan komponen mobil dalam kondisi aman. Dengan begitu, perjalanan libur Nataru Anda dan keluarga tidak terganggu.

Mengganti Semua Oli dan Pelumas

Salah satu komponen penting yang wajib dicek secara berkala adalah oli mobil. Berfungsi sebagai pelumas agar mesin tidak overheat, terdapat beberapa jenis oli dengan masa berlaku berbeda-beda.

Di antaranya, oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli gardan. Agar mobil tetap terasa nyaman dan terjaga performanya, maka penting bagi setiap pemilik kendaraan mengganti oli mesin sesuai anjuran pabrik.

Anda dapat mengganti oli transmisi pada mobil manual yang memiliki jarak tempuh 10 ribu km, dan mengganti setiap kelipatan 20 ribu km pada mobil brtransmisi otomatis. Sedangkan, penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan oli transmisi.

Lain halnya dengan mobil baru, pengecekan oli biasanya dilakukan setelah menempuh jarak seribu km pertama untuk memastikan kendaraan memiliki performa sesuai standar spesifikasi. Karena itu, jangan melewatkan servis berkala seribu km pertama untuk Anda pemilik mobil baru.

Baca juga :  Di PEVS 2024, Punya Gesits Kini Semakin Mudah

Cek Kondisi Kaki-Kaki

Komponen lainnya yang tak kalah penting diperhatikan adalah kaki-kaki mobil. Sebagai komponen krusial dari segi kenyamanan maupun keselamatan, ada beberapa bagian dari kaki-kaki mobil yang penting dicek saat hendak menempuh perjalanan panjang. Mulai dari tie rod, long tie rod, bearing, ball joint, hingga bushing arm, menjadi komponen yang penting diperiksa dan dipastikan berfungsi baik.

Periksa Filter Udara

Agar selalu nyaman saat dikendarai, maka pastikan filter udara di kabin mobil selalu aman. Berfungsi sebagai penyaring udara dari air intake ke ruang pembakaran, penumpukan kotoran di filter udara akan membuat kinerja mobil tidak efisien. 

Karena itu, penting untuk membersihkan filter udara setiap 10 ribu km dan menggantinya setelah jarak tempuh kendaraan mencapai 40 ribu km. Bahkan jika filter udara kendaraan belum waktunya untuk diservis, Anda tetap harus rutin mengeceknya, apalagi di musim penghujan.

Perhatikan Lampu Mobil

Komponen penting lainnya yang harus diperhatikan adalah lampu mobil. Jika lampu mobil tidak berfungsi atau mati, maka akan sangat membahayakan untuk berkendara.

Tidak hanya lampu mobil bagian depan atau headlamp atau bagian belakang saja, berbagai jenis lampu mobil penting untuk diperhatikan kondisinya baik dan bisa hidup. Dengan begitu, perjalanan liburan Anda akan terasa aman dan nyaman.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x