Mendalami Karakter Rangka eSAF Skuter Honda

22 August 2023 | 12:00 pm | Aldi Prihaditama

Beberapa hari silam, sempat marak video terkait rangka eSAF milik sebuah produk Honda yang terserang karat. Yang jelas, soal karat tersebut, kalau memang terjadi dari proses pembuatan tidak bisa dipandang sepele dan harus ada pertanggung jawaban. Urusannya keselamatan. 

Namun kami tidak ingin membahas lebih lanjut mengenai persoalan karat pada rangka tersebut. Sebab kami ingin mendalami karakter dari konstruksi rangka eSAF yang digunakan pada sejumlah skuter Honda. 

Honda memperkenalkan konstruksi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) untuk meningkatkan efisiensi ruang dan juga pengendalian saat dikendarai. Mengikuti desainnya, rangka ini memiliki bentuk lebih simpel dengan bagian belakang melengkung ke arah atas, seolah mengadopsi para penggemar modifikasi yang ingin memanfaatkan rangka ini dalam berkreasi.

Konstruksi eSAF menggunakan proses produksi dengan pengelasan press dan laser. Struktur tersebut dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian. Dengan demikian, Honda mengklaim bahwa skuter menjadi lebih mudah dikendarai, ringan, dan nyaman untuk bermanuver.

Frame ini umumnya digunakan pada jenis skuter Honda, seperti Honda Scoopy, Honda Vario, Honda Beat, dan Honda Genio. Berikut beberapa karakteristik dan kelebihan rangka eSAF:

Kekuatan dan Keselamatan

Masih menurut Honda, eSAF dirancang untuk memberikan kekuatan dan kekokohan struktural yang diperlukan untuk melindungi pengendara dan penumpang dalam berbagai kondisi benturan. Ini termasuk penggunaan bahan yang kuat dan kokoh.

Baca juga :  Fungsi Bahu Jalan Bukan Untuk Menyusul!

Efisiensi Bahan Bakar

Bobot kendaraan berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar, oleh karenanya rangka eSAF membantu mengurangi bobot keseluruhan kendaraan. Dengan menggunakan teknologi dan desain yang canggih, maka pengurangan berat pada rangka akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam berkendara.

Bobot Ringan

Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga rangka tampak lebih simpel. Bobot rangka diklaim jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skuter Honda sebelumnya. Rangka yang lebih ringan ini membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dan mudah khususnya ketika bermanuver.

Minim Deformasi

Meskipun lebih ringan, konstruksi ini diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan rangka sebelumnya, karena menggunakan bahan steel atau baja. Berdasarkan uji internal, rangka lebih tahan dari defleksi atau pembengkokan saat dikendarai. Namun sepertinya, ada yang terlewatkan hingga bisa muncul soal karat tadi. 

Meningkatkan Kapasitas 

Rangka eSAF mampu memberikan pemanfaatan ruang yang semakin efisien, dalam hal ini adalah luas bagasi dan tangki bahan bakar.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x