NSU Pernah Membuat Skuter Lambretta

9 August 2023 | 12:00 pm | Aldi Prihaditama

Lambretta merupakan salah satu skuter yang ngetop di tahun 1950an. Skuter ini memang bukan hasil karya NSU. Namun pabrikan ini memproduksinya melalui lisensi, berdasarkan desain pabrikan Innocenti asal Italia.

Innocenti sendiri memang menjual lisensi ke berbagai pabrikan ke sejumlah negara pada saat itu. Pada tahun 1950, NSU mengalami gelombang pemutusan hubungan kerja ketika pabrik menghentikan perbaikan kendaraan untuk Angkatan Darat AS yang ditempatkan di Jerman pada pertengahan tahun itu.

Manajemen kalang-kabut mencari cara untuk memanfaatkan kapasitas pabrik secara penuh, untungnya solusi segera ditemukan. Skuter bermotor sedang menjadi tren di Jerman saat itu, sebuah tren yang diterapkan oleh NSU. Perusahaan yang berbasis di kota Neckarsulm tersebut menandatangani perjanjian lisensi dengan Innocenti dan mulai membangun NSU Lambretta pada tahun 1950.

Nama skuter merujuk pada asalnya, sebab markas pemberi lisensi Italia terletak di pinggiran kota Milan di Lambrate. Selama bertahun-tahun Lambretta dibuat, NSU meluncurkan dua varian: Hingga tahun 1954, skuter dengan mesin 123cc dan kecepatan tertinggi 70 km/jam, dan selanjutnya dari tahun 1954, versi 150cc dengan kecepatan tertinggi 81 km/jam.

Versi yang lebih kecil memiliki output tenaga 4,4 hp, sedangkan Lambretta yang lebih bertenaga mencapai 6,1 hp. Kedua varian tersebut menggunakan mesin satu silinder dua langkah. Antara tahun 1950 dan 1956, sekitar 117 ribu unit dari kedua model dibuat. Skuter dipasarkan dalam empat warna, yaitu hijau, krem, abu-abu, dan abu-abu muda.

Baca juga :  Roadster Z3 Berjantung V12, Karena BMW Pernah Iseng

Ketika perjanjian lisensi dengan Innocenti berakhir pada tahun 1956, NSU memutuskan untuk tetap membuat skuter, tentunya dengan pengembangan internal untuk dapat dijual di pasar lain pula.

Dengan demikian, Lambretta menjadi NSU Prima yang tersedia dalam empat varian. Pada saat produksi skuter di Neckarsulm berakhir pada tahun 1964, total 160 ribu skuter NSU Prima berhasil dibuat. Momen tersebut juga menandai berakhirnya produksi skuter di pabrik Neckarsulm.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x