Oli Mesin Mobil Harus Diperhatikan Menjelang Nataru

21 December 2022 | 8:04 pm | Aldi Prihaditama

Menjelang libur Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023 (Nataru), bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan dengan mobil tentu memerlukan berbagai persiapan, baik dari kesehatan diri sendiri maupun kondisi kendaraan supaya tetap prima. Maka sebelum menggunakan, Anda perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Utamanya adalah pengecekan kondisi baterai atau aki mobil dan juga kondisi oli mesin mobil. Lakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara melihat dari dipstick oli, untuk memastikan apakah jumlah dan juga kekentalan oli masih dalam kondisi normal atau tidak. Volume oli mesin mobil pada kondisi aman jika berada antara level maksimum dan minimum.

Anda dapat melakukan pengecekan level oli mesin di tempat yang rata, agar hasil pengecekan akurat. Karena kemiringan tertentu dapat juga memengaruhi level oli mesin. Jika posisi ketinggian volume oli mesin berada di bawah titik minimum, maka disarankan untuk dilakukan penambahan. Namun penambahan tersebut tidak bisa sembarang dilakukan, sebaiknya melakukan penambahan dengan jenis oli yang sama.

Hal yang perlu diketahui juga, bahwa volume oli mesin harus dalam takaran yang pas, tidak boleh kurang dan juga tidak boleh berlebihan. Dikarenakan jika volume oli terlalu penuh dan mobil digunakan, maka tekanan di dalam crankcase (kruk as) jadi terlalu tinggi, yang dapat mengakibatkan material seal oli menjadi berkurang kemampuannya.

Baca juga :  Tidak Tanggung-tanggung, Ada 55 Brand Nongol di GIIAS 2024

Panggil Bengkel

Selain itu jika oli mesin sudah membentuk sludge (lumpur) atau bahkan sudah seperti gel, maka tidak ada pilihan lain selain melakukan penggantian dengan oli baru. Kemudian jika kondisi oli mesin sudah mengental maka sebaiknya perlu dilakukan engine flush dengan cairan engine flush chemical.

Perlu diketahui jika kondisi tersebut terjadi, maka Anda sebaiknya tidak menjalankan atau menyalakan mesin mobil. Disarankan segera memanggil bengkel resmi untuk datang ke rumah dan melakukan penggantian oli. Solusi lain, bisa memanfaatkan layanan Home Service untuk memudahkan dalam melakukan perawatan berkala tanpa harus keluar rumah.

Untuk menjaga performa kendaraan, pengecekan dan penggantian oli mesin adalah wajib. Utamanya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin, sesuai dengan buku manual dan dilakukan di bengkel resmi kendaraan Anda maupun di bengkel terpercaya. Jangan sampai liburan Anda terganggu karena lalai ganti pelumas. Selamat jalan-jalan. 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x