Pilih Kaca Film yang Tepat Supaya Kabin Mobil Tetap Nyaman

3 November 2023 | 4:00 pm | Aldi Prihaditama

Sebagai negara tropis, Indonesia tentu memiliki cuaca yang tergolong hangat. Bahkan akhir-akhir ini malah terasa cukup panas. Cuaca panas ini tentu berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Sehingga sudah sewajarnya kendaraan roda empat perlu menggunakan sistem penyejuk udara kabin (AC mobil). Namun, untuk mendukung kinerja AC mobil, tentu sepatutnya diperlukan kaca film.

Kaca film memiliki fungsi untuk menolak panas dari sinar matahari. Sehingga sengatan sinar matahari tidak bisa masuk secara langsung ke dalam mobil. Inilah yang membuat kabin mobil dapat tidak terlalu panas, bahkan di cuaca yang cukup panas sekalipun. Pemilihan kaca ini tentunya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Setiap barang tentu memiliki kualitas yang bagus dan yang kurang bagus, termasuk kaca film.

Oleh karenanya, Anda tidak boleh memilih kaca film secara sembarangan. Sebab, banyak beredar produk yang murah dengan kualitas yang juga kurang bagus. Jadi, pilih yang berkualitas, dengan memperhatikan beberapa kriteria di bawah ini.

Pelajari kemampuan menolak panas

Aspek pertama yang perlu diperhatikan untuk memilih kaca film yang bagus ialah kemampuannya dalam menolak panas. Kabin mobil bisa tetap sejuk, jika memilih kaca film yang mampu menolak panas dengan baik. Semakin tinggi kemampuannya untuk menolak panas, tentunya memungkinkan kabin mobil bisa lebih dingin. Pemilihan produk yang tepat juga bisa mempengaruhi tingkat kemampuannya dalam menolak panas dari sinar matahari.

Baca juga :  Roadster Z3 Berjantung V12, Karena BMW Pernah Iseng

Pilih yang berkualitas bagus

Kriteria selanjutnya ialah kualitas produk. Jika Anda memilih produk yang kualitasnya tidak terlalu bagus, wajar saja jika performa menolak panasnya juga tidak terlalu optimal. Apalagi jika harganya yang terlalu murah, sudah pasti kualitasnya juga ‘babak belur’. Pilih yang berkualitas, agar fungsi menolak panas sinar matahari bisa maksimal.

Pemasangan yang baik

Tidak hanya memperhatikan soal kualitas saja, namun juga langkah pemasangannya. Jika tidak dipasang dengan baik, bisa berpotensi performanya tidak maksimal. Tentunya hal seperti ini perlu dihindari. Lebih baik jika Anda memilih untuk dipasangkan oleh bengkel spesialis atau orang yang profesional.

Penggunaan kaca film memang berguna untuk meredam panas sinar matahari menuju kabin mobil. Namun, akan lebih baik jika saat cuaca yang panas, Anda memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Tentu hal tersebut mencegah kondisi kabin mobil terhindar dari panas ekstrem.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x