Suzuki Grand Vitara 2023, Perbedaan Fitur dan Cicilan Varian GL & GX

15 March 2023 | 7:26 am | Indra Alfarisy

SUV memang sedang ‘hits’ belakangan ini. Di Indonesia terutama SUV bermesin 1,5 liter. Baru-baru ini segmen ini diramaikan lagi oleh Suzuki yang kembali membawa nama Grand Vitara.

Pertama kali diperkenalkan di acara IIMS 2023, dan resmi dijual di GJAW 2023, mobil ini memiliki potensi yang kami rasa, cukup tinggi. Terutama karena punya fitur yang lengkap dan harga kompetitif. Sangat kompetitif, bahkan antar varian Grand Vitara pun bisa saling ‘makan’.

Suzuki Grand Vitara hadir dalam dua tipe, GL & GX. Harga versi GL Rp 359.400.000, sedangkan GX Rp 384.400.000. Semua harga OTR, Jakarta.

Tidak Semua Masuk

Suzuki Grand Vitara CNG

Sedikit latar belakang, Suzuki Grand Vitara adalah produk hasil kerjasama Suzuki dengan Toyota di India. Karena itu, mobil yang Anda lihat di GJAW 2023 dan IIMS 2023 lalu diimpor langsung dari negara itu. Toyota menamakan mobilnya dengan Hyrider dan sejauh ini hanya dipasarkan di India.

Di India, mobil ini tersedia dalam format HEV (Hybrid Electric Vehicle) Selain itu ada juga yang sanggup menenggak CNG sebagai bahan bakar. Namun di Indonesia tidak (belum) tersedia. Yang ada, kedua varian dibekali mesin bensin K15C 1,5 liter bertenaga 101,6 hp. Lengkap dengan imbuhan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), sistem hybrid ringan untuk efisiensi. Hanya tersedia dengan transmisi otomatis.

Baca juga :  Kenapa Insulator Busi Bisa Retak?

Suzuki Grand Vitara 2023

Melihat bentuknya, menurut kami, ini salah satu mobil Suzuki dengan bentuk yang enak dilihat. Dimensi panjangnya 4.345 mm, lebar 1.795 mm. Tingginya 1.645 mm dan tidak kala penting, mobil ini punya wheelbase 2.600 mm. Plus ground clearance setinggi 210 mm. Pelek yang digunakan adalah 17 inci, dibedakan dari warnanya. GX punya pelek dengan dua warna.

Lampu depan kedua varian ini sudah LED dengan proyektor dan punya kemampuan menyala otomatis kala gelap. Tidak lupa, dilengkapi juga dengan DRL.

Bisa Saling Makan

Seperti dikatakan tadi, kedua varian ini bisa bersaing sendiri karena fiturnya lumayan komplit. Tanpa melihat variannya dulu, paling jelas saat membuka pintu adalah dashboard yang terlihat agak kompleks dengan lekukan dan garis desainnya. Tombol-tombol disebar dengan ergonomis di tempat ini.

Interior Grand Vitara 2023

Untuk Grand Vitara GX, yang paling dominan adalah layar infotainment berukuran sembilan inci dengan beragam kemampuan koneksi. Di depan pengemudi ada heads up display (HUD) melengkapi panel instrumen analog-digital. Varian GL memang tidak dipakaikan layar sebesar itu, tapi ukurannya tetap masuk akal, 7-inci.

Kalau Anda memilih tipe GX, tambahannya ada panoramic sunroof, paddle shifter, cruise control, jok dan setir berbahan kulit. Tidak lupa kemampuan wireless charging untuk handphone dan kamera pantau 360.

Fitur yang tidak ada di Grand Vitara GL adalah, lampu untuk vanity mirror (kaca di balik sun visor). Absen juga lampu untuk penerangan glove box, penerangan di area kaki pengemudi dan penumpang, serta ambient light. Di baris kedua, penumpangnya tidak punya fasilitas USB port untuk charging. Hanya ada di depan.

Baca juga :  Apakah Lexus LBX Morizo RR Bakal Masuk Jalur Produksi?

Keselamatan dan Keamanan Untuk Semua

Alat bantu berkendara dan keselamatan untuk keduanya sama. Suzuki sepertinya tidak mau mengorbankan harga untuk keselamatan. Ada enam SRS airbag untuk semua varian. ESP, ABS, BA, Hill Hold Control, hingga alarm, sensor parkir dan immobilizer. Dudukan kursi ISOFIX juga jadi standar untuk semua.

Suzuki Grand Vitara 2023 juga dibangun menggunakan konstruksi TECT (Total Effective Control Technology). Sebuah metode pembuatan yang mengutamakan kekuatan, daya tahan sekaligus ringan. Hasilnya diklaim, Grand Vitara punya struktur kuat yang tidak hanya melindungi penumpangnya, tapi juga pejalan kaki.

Kesimpulan

Jadi pilih yang mana? Kami merasa sebetulnya Suzuki Grand Vitara 2023 varian GL sudah cukup. Mesin dan sistem hybrid ringan jiga sudah tersedia. Namun untuk yang sering melakukan perjalanan luar kota, absennya cruise control mungkin akan jadi pertimbangan sendiri.

Mesin grand Vitara 2023

Tapi tipe GX juga menawarkan sesuatu yang menggiurkan. Dengan harga Rp 384,4 juta Anda punya mobil berteknologi SHVS. Ada panoramic roof, cruise control dan segala kelengkapan lain. Sepertinya ini pilihan yang menarik.

Kalau mau mencicil, menurut situs salah satu perusahaan pembiayaan perhitungannya ada di bawah. Namun mohon diperhatikan, angka yang disebutkan bisa berubah kapan saja.

Grand Vitara GX

Cicilan Rp 6.138.000
DP: 20 persen
Bunga: 3 persen
Tenor: 5 tahun

Grand Vitara GL

Cicilan: Rp 5.739.000
DP: 20 Persen
Bunga: 3 persen
Tenor: 5 tahun

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x