Tetap Kuat Berkendara Saat Bulan Puasa

24 March 2023 | 12:22 pm | Aldi Prihaditama

Untuk Anda lebih banyak aktivitas berkendara saat berpuasa, tentu memerlukan persiapan matang agar tetap fit. Pasalnya, saat berpuasa, Anda akan berhadapan dengan kondisi jalan dan cuaca yang kurang bersahabat sehingga akan membuat tubuh cepat lelah. Belum lagi dengan teriknya panas matahari selama di jalan yang membuat Anda kehilangan cairan.

Supaya ibadah puasa dan pekerjaan Anda tetap berjalan lancar tanpa hambatan, simak tips berkendara saat bulan puasa ini:

Penuhi nutrisi tubuh saat sahur

Pastikan menu sahur Anda sudah memenuhi kadar gizi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa dan cukup untuk beraktivitas seharian. Disarankan untuk mengonsumsi nasi, lauk yang kaya protein, dan juga sayuran yang kaya serat serta vitamin. Jangan lupa juga untuk menghidrasi tubuh dengan minum air putih 4-6 gelas saat sahur.

Jaga kecepatan berkendara

Selama berada di jalan, pusatkan konsentrasi Anda pada sekitar dan selalu jaga jarak aman serta kecepatan berkendara. Hindari untuk meningkatkan kecepatan berkendara meskipun jalan sedang lengang. Seringkali, jalan tol yang kosong membuat pengendara mengabaikan batas kecepatan kendaraan yang diperbolehkan. Kondisi ini tentu berpotensi menimbulkan risiko kecelakaan. Untuk itu, jaga selalu kecepatan berkendara Anda saat berada di jalan.

Istirahat yang cukup

Usahakan untuk mengistirahatkan tubuh dengan tidur yang cukup. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih konsentrasi dan juga fokus saat mengemudi. Bulan puasa memang seringkali membuat waktu tidur Anda berkurang karena sahur dan melakukan ibadah lainnya, namun pastikan tubuh tetap fit dengan istirahat yang cukup.

Baca juga :  Chery Tiggo 5X, 'Mainan' Baru Untuk Perkotaan

Tepikan kendaraan ketika mengantuk

Jika Anda sudah merasa mengantuk atau lelah, segera pinggirkan kendaraan di rest area atau tempat yang aman untuk beristirahat. Jangan paksakan untuk berkendara karena justru bisa membahayakan. Luangkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk beristirahat terlebih dahulu.

Itu dia beberapa tips berkendara yang bisa Anda terapkan selama berpuasa. Terakhir, jangan lupa untuk memilih posisi nyaman dan selalu mematuhi rambu lalu lintas selama di perjalanan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x