Tiga Mobil Jenazah Kenegaraan Unik Yang Digunakan Inggris

20 September 2022 | 1:42 pm | Indra Alfarisy

Mobil jenazah kadang menunjukan status sosial. Makanya Inggris tidak sembarangan memilih mobilnya.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II selesai dilaksanakan. Kami tidak akan bahas itu. Melainkan mobil jenazah yang digunakan. Setelah Binz H4 yang mengangkut sang ratu dari Balmoral, Skotlandia, kereta anumerta terakhir adalah sebuah Jaguar.

Kami jadi mengurut ke belakang, mobil apa saja yang pernah digunakan oleh keluarga Kerajaan Inggris untuk menjadi angkutan terakhir para mendiang pembesarnya. Selain Binz H4 yang pernah kami tulis, di bawah ini daftarnya. Dan ini menarik.

Ratu Elizabeth II – Jaguar XJ


Sebetulnya ini yang paling menarik dan menyayat hati. Beberapa waktu sebelum Ratu Elizabeth II wafat, Jaguar Land Rover menerima pesanan mobil jenazah kenegaraan. Pabrikan Inggris itu meminta masukan dari sang ratu soal bentuk dan rekayasanya. Perusahaan karoseri Wilcox Limousine bertanggung jawab mewujudkannya.

Dengan paras dan lampu belakang Jaguar XJ, bagian tengahnya diubah agar mampu memuat peti jenazah lengkap dengan atributnya. Makanya atapnya tinggi dan body serta wheelbase dipanjangkan. Jendela besar di sekeliling, dengan pilar B dan C yang tipis, memungkinkan rakyat Inggris melihat jelas muatan mobil jenazah ini.

Warna ungu gelap yang disebut Royal Claret adalah pesanan langsung penguasa Inggris terlama itu. Wajar, karena itulah kelir resmi keluarga kerajaan Inggris. Logo-logo Jaguar, kecuali di belakang dilepas, bersalin lambang kenegaraan dan logo pribadi. Di kap mesin terpasang ornamen St George yang membinasakan seekor naga. Ini bukan asal-asalan, melainkan logo pribadi yang dipakai oleh Ratu.

Baca juga :  Bugatti Pernah Dijatuhkan Oleh….Suzuki?

Pangeran Philip – Land Rover Defender


Ini lebih antik lagi. Mobil pickup jadi angkutan jenazah kenegaraan. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II mendesain sendiri mobil jenazah yang beliau inginkan. pangeran ini suka dengan Land Rover, maka Discovery jadi pilihannya. Tidak sembarangan, sang Pangeran mendesain mobil ini selama 16 tahun. Dari 2003 saat berumur 82 tahun dan digunakan sebagai kereta anumerta saat wafat April tahun lalu.

Land Rover Discovery pickup ini dimodifikasi sesuai keinginannya. Bak belakang, tempat peti jenazah diberikan alas kayu dengan stopper perak. Warna mobil diganti dari hijau biasa jadi hijau militer. Grille hitam dengan pelek berwarna sesuai body.

Discovery spesial ini dibuat langsung di pabrik mereka di Solihull dan diawasi langsung oleh Pangeran Philip. Beliau akhirnya memberikan persetujuan atas segala yang ada di mobil ini pada 2019 lalu, saat berusia 98 tahun.

Putri Diana – Daimler DS420


Putri Diana meninggal secara tragis pada September 1997. Kematiannya mengundang banyak kontroversi. Tidak seperti mobil jenazah yang mengusungnya. Mobil yang digunakan adalah Daimler DS420 yang terlihat berwibawa.

Daimler DS420 dibuat oleh Daimler Company Limited antara tahun 1968 hingga 1992. Kereta jenazah yang mengangkut sang putri adalah buatan tahun 1985.

Mobil ini, versi limousine-nya, banyak digunakan petinggi negara. Aslinya, mobil ini dibuat oleh Jaguar dengan menggunakan merek Daimler. Kenapa bisa? Karena pada 1960, Daimler dibeli oleh Jaguar. Platformnya berbagi dengan mobil indah, Jaguar 420G. Mesin juga menggunakan kepunyaan Jaguar XK.

Baca juga :  Kenapa Insulator Busi Bisa Retak?

Indra A.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x