Toyota Kijang Terus Alami Penyempurnaan

19 November 2022 | 8:02 am | Aldi Prihaditama

Toyota Kijang generasi keempat diluncurkan pada tahun 1997 dengan desain model baru pada interior dan eksteriornya menjadi lebih aerodinamis. Model ini akrab disebut sebagai Kijang Kapsul. Di model ini tingkat lokalisasi part dan komponen telah mencapai 53 persen.

Kijang Kapsul

Kijang Kapsul memiliki perubahan bentuk total dimana penampilannya lebih aerodinamis dengan lekukan yang lebih halus. Untuk pertama kalinya, jajaran Kijang memiliki varian mesin diesel dan transmisi otomatis.

Di tahun 2000, Kijang Kapsul hadir dengan penyegaran pada lampu, bumper, dan dashboard. Di tahun ini pula Kijang memasuki era baru yaitu mesin dengan teknologi electronic fuel injection. Di tahun 2002, Kijang Kapsul kembali mendapat ubahan pada grille, lampu depan, dan lampu belakang yang dilengkapi garnish. Generasi ini semakin mengukuhkan posisi Toyota Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia.

Kijang Innova

Toyota Kijang telah mengalami perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang Innova yang menjadi Kijang generasi kelima lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah. Selain di Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama Innova (tanpa Kijang).

Walaupun terlihat berbeda sekali dengan Kijang pendahulunya, Kijang Innova tetap memiliki benang merah dengan Kijang Buaya, Doyok, Super, dan Kapsul. Benang merah tersebut adalah pengadopsian ladder frame yang membuatnya sedikit berbeda dibanding MPV modern lain yang menggunakan konfigurasi monocoque.

Baca juga :  Mini Evolution Bertampang Klasik, Berjantung Ecoboost

Kijang Innova dibekali sejumlah teknologi khas abad ke-21 seperti mesin berteknologi VVT-i, diesel common rail, hingga multi-information display dan airbag. Kijang Innova juga memiliki fleksibilitas kabin ala MPV modern dimana jok baris ketiga bisa dilipat menyamping ke arah jendela, dengan yang baris kedua digulingkan sehingga kapasitas bagasi mampu menampung lebih banyak.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 lalu, Kijang Innova telah mengalami beberapa kali improvement demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Generasi ini merupakan milestone penting karena Kijang bargabung dengan proyek global IMV bersama Hilux dan Fortuner. Kijang mulai naik kelas, tampilan dari Kijang Innova sama sekali baru menjelma menjadi MPV.

All New Kijang Innova

Lebih lanjut, All New Kijang Innova yang hadir di tahun 2015, tampil sebagai Kijang generasi keenam yang lebih modern dan lebih terlihat ramping. Masih juga terdapat dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel, namun yang menarik mesin diesel menggunakan yang varian terbaru, dari KD ke GD Series, sama seperti yang digunakan Hilux dan Fortuner. Lebih menariknya lagi, ada pilihan transmisi otomatis 6-speed.

Sebagai bentuk komitmen terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia mendorong teknologi ramah lingkungan di sektor otomotif, PT Toyota-Astra Motor melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 memperkenalkan Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak. Kehadiran Kijang Innova EV Concept menjadi bagian upaya Toyota untuk menegaskan komitmen memberikan kontribusi terbaik kepada industri otomotif nasional.

Baca juga :  Seberapa Penting Penjualan Mobil Satu Juta Unit Pertahun?

Menjelang akhir tahun 2022, Toyota Kijang generasi ketujuh pun bakal diperkenalkan. Tepatnya di tanggal 21 November 2022, bahkan debutnya diiringi dengan tema Global Premiere of The New Toyota Electrified Vehicle. Dengan kata lain, Toyota secara tegas mengatakan peluncuran mobil ini akan menjadi debut dunia. Kami yakin sekali bahwa Anda telah mendengar nama lengkapnya, yakni Toyota Kijang Innova Zenix.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x