Toyota Prius 2023, Babak Baru Teknologi Hybrid Masa Depan?

17 November 2022 | 3:49 pm | Rizky Dermawan

Misteri sosok Toyota Prius terbaru yang memunculkan beragam prediksi di media pemberitaan dan jagad medsos global dalam beberapa bulan terakhir pun tuntas sudah.

Tabir yang menyelimuti wujud asli dari Prius generasi 5 pun akhirnya tersibak dalam world premiere yang dilakukan Toyota  secara daring di Jepang pada 16 November 2022. Hanya saja, belum diumumkan harga jual mobil ini.

Dua unit Toyota Prius 2023 pun tampil di atas panggung dalam warna solid baru yakni Ash dan Mustard. Keduanya dipresentasikan oleh Simon Humphries, kepala desain global Toyota dan Lexus.

Toyota Prius 2023 ini menjadi babak baru dari pelopor mobil hybrid yang telah terjual sebanyak 5,05 juta unit selama 25 tahun.

Tampilan depan Prius terbaru ini terlihat lebih atraktif dengan headlamp dan DRL LED model baru. Meski demikian, mobil ini masih sedikit menyisakan gaya Prius terdahulu sebagai bagian dari rekam jejak perubahan gaya desain antar generasi.

Desain Toyota Prius Baru

Siluet body dari depan hingga belakang kini lebih klimis dan mengalir dinamis dengan garis atap hingga buritan yang membuat sosok Prius terlihat bagai sebuah coupe.

Desain lampu belakang LED yang disematkan kini lebih minimalis. Terlihat seolah menyatu dari ujung ke ujung. Penopang body Prius kini menggunakan velg 19-inci. Desainnya diadopsi dari Toyota Crown terbaru.

Baca juga :  Suka Beli Mobil dengan Prinsip Value for Money atau Jual Kembali?

Meskipun tak kentara, namun penggunaan platform TNGA terbaru secara tak langsung telah merubah dimensi body Prius. Kini menjadi 50 mm lebih rendah dan 22 mm lebih lebar. Panjang body pun kini lebih pendek 22 mm dari model sebelumnya.

Desain eksterior terbaru Toyota Prius 2023 yang kian dinamis dan menyatu bagaikan sebuah gambaran dari sistem hybrid terbaru yang terus meregenerasi dan seolah tak pernah kehabisan energi.

Area kabin Prius pun mengalami ubahan cukup drastis dan terlihat lebih hightech tanpa meninggalkan karakter elegan, khususnya pada area jok dan panel interiornya.

Rekam jejak desain interior Prius terdahulu masih tersisa pada area konsol tengah yakni tuas transmisi model joystick yang sangat mudah dioperasikan dan user friendly.

Pada dasbor tengah terpampang layar sentuh digital 12.3-inci. Tentunya sudah dilengkapi koneksi nirkabel Apple CarPlay serta Android Auto. Setir baru dengan tombol multifungsi mirip seperti pada bZ4X. Layar instrument digital 7.0-inci diposisikan di balik setir untuk memudahkan visibilitas.

Pada bagian belakang konsol tengah terdapat soket listrik 1.500 W/100V. Sebuah soket serupa terpasang pada area bagasi di belakang.

Penggunaan platform baru membuat posisi baterai direlokasi ke bawah jok belakang, sehingga volume bagasi menjadi bertambah. Titik pusat gravitasi pun kini menjadi lebih rendah dan berimbang.

Mesin Baru

Toyota membekalkan mesin baru 4-silinder segaris 2.0-liter Dynamic Force plus modul plug-in hybrid dengan baterai lithium-ion berdaya 13.6 kWh. Total output daya kini melejit menjadi 220 hp dan daya jelajah mode full EV diklaim mampu mencapai 94,15 km.

Baca juga :  Lama Dinanti, The New Kia Seltos Melantai di GIIAS 2024

Sementara pada varian sistem hybrid paralel, tersedia opsi mesin 1.8-liter berdaya total 120 hp dan mesin 2.0-liter berdaya total 193 hp. Pada varian ini Toyota membekalkan sistem penggerak baru E-Four all-wheel drive.

Fitur keselamatan berkendara Toyota Safety Sense menjadi kelengkapan utama. Selain itu, Prius kini dilengkapi fitur Advanced Park yang membuat mobil ini dapat parkir secara mandiri.

Teknologi terbaru yang dibekalkan pada Prius yakni pengisian daya listrik tenaga surya. Tak hanya itu, mode My Room akan mengaktifkan AC dan sistem audio sehingga pemilik kendaraan dapat bersantai di dalam mobil sambil menunggu proses pengisian ulang daya baterai.

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x