Tren Mobil Balap Mini 4WD Tak Pernah Surut

2 May 2023 | 8:51 pm | Aldi Prihaditama

Mobil balap rakitan Mini 4WD saat ini tak hanya sekadar hobi mainan mobil saja. Banyak orang, terutama generasi 1990an, terus mendalami hobi hingga menjadi atlet mobil balap Mini 4WD. Mobil balap Mini 4WD selalu memiliki tempat dihati penggemarnya meskipun permainan ini kadang menjadi mainan musiman.

Mini 4WD sendiri pertama kali diciptakan di Jepang pada tahun 1982 berupa mainan mobil plastik yang digerakkan menggunakan baterai. Tak lama setelah diperkenalkan di Jepang, Mini 4WD masuk ke Indonesia dan dimulailah ‘Demam Tamiya’. Di Indonesia sendiri, Mini 4WD lebih dikenal dengan sebutan Tamiya, meskipun yang beredar bukan hanya merk Tamiya saja.

Favorit sejak lama

Dari anak-anak sampai orang dewasa sangat menggilai produk buatan Tamiya tersebut. Mereka berusaha membuat mobil balap mereka sekencang mungkin, dengan melakukan modifikasi dan oprekan sesuai kemampuan masing-masing. Perlombaan balap Tamiya pun sering digelar di pusat-pusat pertokoan atau di toko-toko mainan.

Tren Mini 4WD ini memang tergolong fluktuatif. Awal mulai ‘hits’ di Indonesia ialah pada era 1990an, laku sempat menurun seiring kehadiran game console. Namun, penggemar mobil rakitan Mini 4WD memang tidak pernah hilang. Grafik peningkatan tren kembali menanjak saat pandemi COVID-19 berlangsung di tahun 2020 lalu.

Direncanakan masuk cabang olahraga PON 2024

Mobil balap Mini 4WD dengan skala 1:32 ini sudah diakui oleh Ikatan Motor Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga balap sejak 2021. Menurut catatan IMI, sudah ada sekitar 200 orang dari 40 tim yang terdaftar di sekitar Jabodetabek, sejak satu tahun diorganisasi. IMI bertekad untuk membawa olahraga Mini 4WD ini ke provinsi lain, hingga menjadi cabang ekshibisi yang dipertandingkan dalam PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga :  Pelajar Indonesia Unggul di Shell Eco-marathon 2024

Tamiya memang pelopor mainan mobil balap rakitan Mini 4WD, hingga orang-orang menyebut semua mainan mobil balap rakitan adalah Tamiya. Popularitas Tamiya diikuti oleh beberapa produsen non-Jepang yang juga menjual mainan mobil balap rakitan, sebut saja Auldey (China), Gokey (China), ChaoBao (China), dan Academy (Korea). Kalau sudah begini, sepertinya kami jadi ingin ‘berburu’ unit Mini 4WD juga kan…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x