Porsche Cayman Dan Boxster Tak Lolos Regulasi Uni Eropa

5 April 2024 | 2:35 pm | Rizky Dermawan

Tahun ini nampaknya Porsche bakal menunda peluncuran generasi terbaru dari 718 Cayman dan Boxster di Eropa. Bahkan ada kemungkinan keduanya batal dipasarkan di sejumlah negara di kawasan Uni Eropa.

Kedua model mobil tersebut bakal menyusul Porsche Macan yang telah lebih dulu batal dipasarkan di Eropa sejak akhir tahun lalu.

Ini berhubungan dengan isu keamanan siber (cyber security). Sistem manajemen komputer terpadu pada kendaraan generasi modern tengah jadi perhatian utama dari United Nations Economic Commission (Komisi Ekonomi PBB) untuk Uni Eropa.

Porsche 718

Salah satu hasil perumusan yang dilakukan dewan ekonomi Uni Eropa dan PBB adalah regulasi PBB R155. Mengatur keamanan siber pada sistem manajemen komputer kendaraan. Aturan yang sedianya mulai berlaku pada 1 Juli 2024 mendatang.

Regulasi R155 mengatur persyaratan standarisasi manajemen risiko pada keamanan siber yang meliputi konsep, pengembangan produk, tahap produksi, pengoperasian sistem di jalan raya hingga perawatan. Termasuk pula pemutakhiran software serta sistem terkait baik secara off line atau OTA (over the air). Intinya, supaya tidak gampang diretas. 

 

Apesnya Porsche, sistem yang terdapat pada Porsche Macan serta 718 (Boxter dan Cayman) generasi terbaru dianggap tak memenuhi syarat standarisasi dari rumusan regulasi tersebut. Saat sistem dan mobilnya sudah diproduksi, rumusan regulasinya baru selesai ketok palu.

Jika harus merevisi sistem digitalisasi  pada ketiga model mobil tersebut, biaya yang harus dikeluarkan oleh Porsche amat sangat besar. Selain itu, harga jual pun jadi kian mahal dan tidak kompetitif.

Bukan hanya Porsche saja yang apes terjegal regulasi keamanan siber ini. Sejumlah brand otomotif lainnya juga mengalami hal serupa.

Tidak Semua

Tak semua Porsche 718 hilang dari kawasan Uni Eropa. Untuk varian Cayman GT4 RS dan Boxster RS Spyder masih akan beredar di kawasan Eropa. Kelonggaran diberikan karena jumlah unit yang diproduksi sangat terbatas.

Seperti halnya Porsche Macan, versi terbaru 718 (Cayman dan Boxster) kemungkinan besar tak akan terlihat di 27 negara Uni Eropa, termasuk Austria, Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol dan Swedia.

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x