Orang Amerika biasanya suka kendaraan dengan kapasitas besar. Semua? Tentu tidak. Inilah alasan Honda mencoba peruntungan di segmen sepeda motor kelas pemula dengan mesin kecil. Mereka memperkenalkan dua model baru di portofolio dual sport di Amerika Serikat, Honda XR150L dan CRF300LS.
Sepeda motor kelas U-500 cc (kapasitas mesin kurang dari 500 cc), seperti yang diperkenalkan oleh Honda memang tengah menjadi alternatif para bikers di negara itu. Tak hanya label harganya yang terjangkau, biaya pajaknya pun rendah. Pasalnya, pajak R2 ber-cc besar di AS terbilang sangat tinggi. Seperti di Indonesia.
Honda CRF300LS 2023
Untuk kebutuhan off-roader pemula dan remaja di AS, Honda memboyong model CRF300LS. Model spesifik CRF300L US-Spec ini sekaligus jadi pengganti CRF250L yang populer di AS.
Perbedaannya yakni tinggi jok yang dibuat lebih rendah untuk memudahkan rider yang tubuhnya tidak tinggi. Jadi, tak perlu lagi memasang lowering kit suspensi seperti sebelumnya. Hmm…cocok untuk para rider di Indonesia sepertinya.
Posisi riding CRF300LS yakni 830 mm, lebih rendah 50 mm dari CRF300L standar yang tingginya 880 mm.
Selain dari posisi riding yang lebih rendah, spek CRF300LS tak ada perbedaan dengan CRF300L standar yang beredar di Inggris maupun Eropa sejak Desember 2022 lalu.
Label harga dasar CRF300LS mulai dari $5.699 atau setara Rp 88 jutaan. Belum termasuk bea STNK/BPKB dan lain-lain yang totalnya berkisar $600 atau kurang lebih sekitar Rp 9 jutaan.
Honda XR150L 2023
Honda yakni XR150L akan segera dipasarkan di AS pada tahun ini. Motor adventure ini sebelumnya telah dipasarkan di kawasan Asia, Australia dan Selandia Baru. Kemampuannya menerabas trek semi off-road membuat XR150L banyak digunakan para peternak dan petani di pedesaan Australia.
Meskipun labelnya sama-sama “150”, namun mesin yang dibekalkan berbeda dari CRF150R. Eehm..hanya beda 1 cc. XR150L mengusung mesin 4-tak silinder tunggal 148 cc dengan bore x stroke 57,3 mm x 57,8 mm. Untuk pengabutan campuran bensin-udara, motor tanpa radiator ini menggunakan karbu 22 mm.
Untuk suspensi, Honda membekalinya dengan garpu depan teleskopik 31mm dengan jarak main 180 mm. Monoshock Pro-Link pada swing arm belakang memiliki jarak main 149 mm.
Velg jari-jari 19 inci lada roda depan dipadukan dengan cakrsm rem tunggal 240 mm. Sedangkan roda belakang menggunakan velg jari-jari 17 inci yang dilengkapi rem teromol berukuran 110 mm.
Seperti halnya CRF300LS, posisi riding XR150L pun terbilang rendah, yakni 833 mm. Hanya terpaut 3 mm lebih tinggi dari CRF300LS. Sementara jarak ground clearance motor ini terbilang sedang yakni 243,8 mm. Bobot kosongnya yang hanya 127,9 kg pun tak terlampau berat untuk rider pemula.
Untuk pasar AS, XR150L banderolnya cukup terjangkau yakni $2.971 atau sekitar Rp 46 jutaaan (off-the road).