Yamaha Bikin Penggerak Mobil Listrik

3 October 2024 | 8:08 am | Indra Alfarisy

Bukan pertama kalinya pabrikan Yamaha menyediakan mesin untuk merek mobil dunia. Dan biasanya, mesin yang dibuat oleh mereka cukup spektakuler. Contohnya yang terpasang di Lexus LFA. Kali ini agak beda karena Yamaha membuat penggerak mobil listrik.

Tahun lalu, Caterham, pabrikan mobil Inggris yang sekarang sahamnya dikuasai VT Holdings, grup dealer besar asal Jepang, mengumumkan kehadiran Caterham Project V. Ini adalah proyek untuk melahirkan sports car listrik dengan bobot yang ringan.

Penggerak mobil listrik Caterham V akan dibuat oleh Yamaha

Yamaha mengatakan akan menyediakan penggerak untuk mobil listrik Caterham Project V ini, dengan merancang penggerak yang benar-benar baru. Selain itu, pabrikan berlogo garpu tala tersebut juga menyumbangkan keahliannya di bidang ‘vehicle motion’ untuk menghasilkan EV yang menyenangkan.

Spesifikasi teknisnya belum diungkap. Tapi berkaca pada mobil konsep Caterham V yang muncul tahun lalu, dikatakan punya motor listrik yang dipasang di as roda belakang. Tenaganya 200 kW (268,2 hp). Baterainya 55 kWh yang diklaim cukup untuk menggerakkan mobil sejauh 400 km (berdasarkan pengujian WLTP).

Yamaha menyediakan penggerak mobil listrik untuk Caterham.

Lalu, bobot keseluruhan mobil hanya 1.190 kg. Sepertinya jadi mobil yang paling berat dari Caterham, karena biasanya mereka membuat mobil dengan bobot kurang dari satu ton. Wajar, tidak ada mobil listrik yang ringan. 

Body-nya terbuat dari material carbon fiber dengan rangka yang memanfaatkan alumunium. Makanya bobotnya bisa kurang dari 1,5 ton.

Baca juga :  Punya Motor Listrik Alva? Sekarang Bisa Nge-charge Sambil Makan Pizza

Mobil ini dirancang oleh Tokyo R&D, perusahaan engineering yang memang spesialis membuat mobil-mobil konsep, prototype atau kendaraan eksotis. Diperkirakan, mobil sport listrik ini akan selesai dan masuk pasar pada pertengahan 2025 nanti.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x