Caterham EV Seven: Konsep Bodi Klasik Bernyawa Modern

26 May 2023 | 7:30 pm | Aldi Prihaditama

Beberapa hari silam, Caterham memperkenalnya EV Seven, sebagai konsep pengembangan Seven yang bertenaga listrik. Mobil konsep ini akan menguji sampai sejauh mana potensi keberhasilan untuk dapat diterima oleh pasar, yang selama ini Caterham tuju melalui model bermesin bensin.

Caterham EV Seven dikembangkan bersama Swindon Powertrain Ltd, sebuah perusahaan yang menyediakan powertrain canggih. EV Seven mengambil basis dari chassis Seven dan dipadukan dengan E Axle buatan Swindon Powertrain.

Battery pack canggih

Mobil ini juga menggunakan battery pack dengan sistem pendinginan internal. Sistem pendinginan baterai tersebut menggunakan cairan isolator listrik yang diproduksi oleh Motul. Cairan ini memiliki kontak langsung dengan sel baterai, sehingga menghasilkan manajemen suhu yang amat baik.

“Setiap model EV yang akan kami buat di masa depan, harus tetap memiliki DNA asli Caterham, yaitu berbobot ringan, fun-to-drive, dan fokus terhadap si pengemudi. Tujuan utama dari proyek ini ialah mengembangkan kendaraan dengan bobot yang ringan, meski ada penumpang. Kami tidak ingin menciptakan mobil yang berbobot hingga 1 ton,” ujar Bob Laishley, CEO Caterham.

Konsep siklus 20-15-20

Setiap unit EV Seven harus dapat digunakan di jalan raya maupun di trek balap. Khusus untuk penggunaan di trek balap, Caterham sengaja menerapkan konsep siklus 20-15-20. Terdiri dari waktu berkendara di trek selama 20 menit, pengisian daya ulang selama 15 menit untuk dapat melaju lagi selama 20 menit berikutnya.

Baca juga :  Suzuki India Capai Jumlah Produksi 30 Juta Unit

“Membuat sebuah Caterham EV yang dapat dibesut di akhir pekan memang amat memungkinkan, sebab kini telah ada teknologi battery pack yang modern. Tantangannya ialah saat digunakan di trek balap, oleh karenanya kami memilih battery pack dengan pendingin internal,” tambah Laishley.

Akselerasi o-100 km/jam dalam waktu 4 detik

Bobot EV Seven hanya lebih berat 70 kg dibandingkan Seven standar, sehingga bobot totalnya tetap di bawah 700 kg. Baterai 51 kWh diletakkan di ruang mesin depan dan ruang transmisi. Komponen E Axle buatan Swindon Powertrain mampu menelurkan tenaga sebesar 240 hp dan torsi puncak 250 Nm. Caterham mengestimasi kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dapat diselesaikan dalam tempo 4 detik saja.

EV Seven disematkan fitur limited slip differential, sistem pengereman regeneratif dengan kaliper rem empat piston, dan sokbreker buatan Bilstein milik Caterham Seven 420 Cup. Caterham belum tergesa-gesa untuk membuat EV Seven masuk ke jalur produksi, karena mobil ini masih menjadi model percobaan sembari menunggu respons positif dari pasar.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x