Aprilia RSV4 X ex3ma Jadi Motor Perdana Berteknologi Ground Effect MotoGP

14 October 2024 | 7:36 pm | Rizky Dermawan

Tepat tiga dekade lalu Aprilia meraih gelar Juara Dunia GP 250cc pertamanya di tahun 1994. Persembahan pembalap legendaris Max Biaggi tersebut jadi momen bersejarah bagi Aprillia di kancah balap motor. Sebagai komemorasi, model istimewa pun diluncurkan: RSV4 X ex3ma (extrema).

Jumlahnya hanya ada 30 unit, sesuai momen bersejarah yang ditorehkan Biaggi tiga puluh tahun silam. Bahkan kampiun itu ikut menyumbangkan ide dan pikiran untuk motor ini.

.

RSV4 X ex3ma adalah satu-satunya motor untuk konsumen umum yang berteknologi aerodinamika ground-effect. Teknologi yang dipatenkan oleh Aprilia ini awalnya khusus untuk motor balap RS-GP yang berlaga di MotoGP.

Dari fairing bagian depan RSV4 X ex3ma terlihat sangat identik dengan motor balap RS-GP. Mulai dari desain fairing yang menukik tajam serta berbodi compact hingga sirip canard di sisi fairing bagian depan. Sekujur fairing RSV4 X ex3ma dihiasi livery “Perla Nera” yang sama persis dengan motor balap besutan Max Biaggi.

Desain fairing berbahan serat karbon komposit garapan PAN Compositi ini meningkatkan gaya lateral saat menikung hingga tiga kali lipat dibandingkan RSV4 X trenta terdahulu. Gaya tekan aerodinamika pun meningkat lima kali lipat.

“Ini adalah evolusi paling extreme dari RSV4 yang pernah dibuat oleh divisi balap kami. Berbagai aspek teknologi yang ada pada motor balap MotoGP dan World Superbike tim Aprilia diaplikasikan pada motor ini.” kata Romano Albesiano, Direktur Teknis Aprilia Racing dalam keterangan persnya.

Baca juga :  Nissan Magnite Facelift Hadir Mengemban Misi Penting

Hand Made

Sistem suspensi spek balap lansiran Ohlins terpasang pada di depan dan belakang. Master rem depan menggunakan pompa radial Corsa 19/16 berikut tuas rem lansiran Brembo. Cakram rem depan T Drive ukuran 330 mm diapit kaliper rem monoblok GP4 MS dan kampas rem Z04 lansiran Brembo spek khusus MotoGP.

Peleknya berbahan serat karbon berbalut ban Pirelli Slick Diablo SBK SC-1 125/70 (depan) dan SC-X 200/65 (belakang). 

Mesin 1.099cc V4 yang dibopong diracik langsung oleh para teknisi mesin khusus balap divisi Aprilia Racing. Output tenaganya lumayan besar yakni 230 hp pada 13.500 rpm dengan torsi puncak 131 Nm yang bermain di 11.500 rpm.

Setting performa mesin, suspensi dan mode berkendara dikendalikan oleh chip ECU balap APX. Teknologi balap MotoGP yang dicomot langsung dari Aprilia RS-GP.

Setiap unit RSV4 X ex3ma digarap secara handmade oleh para spesialis. Jadi tak perlu heran jika harganya bikin jantung berdebar. Ya, mulai dari €80.000 atau sekira Rp 1,37 miliaran. Sudah bisa dipesan. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x