Renault Tampilkan Konsep Sepeda Motor Listrik Scrambler Ala Renault 4

21 October 2024 | 8:45 pm | Rizky Dermawan

Di pameran otomotif Paris Motor Show 2024 ternyata tak cuma dimeriahkan oleh mobil terbaru. Tapi juga ada sepeda motor listrik yang merupakan konsep desain dari brand asal Perancis, Renault.

Konsep sepeda motor listrik Renault yang bernama Heritage Spirit Scrambler R4 ini merupakan hasil kreasi studio Ateliers HeritageBike yang bermarkas di Annecy, Perancis.

Inspirasi desainnya dari mobil legendaris Renault 4. Selain modelnya yang khas dan ikonik, Renault 4 jangka waktu produksinya pun cukup panjang yakni 1961-1994. Hanya sedikit sekali mobil yang bisa menyamai reputasi Renault 4.

Tak sekadar menjadi komemorasi nostalgia pada sang legenda Renault 4. Sepeda motor listrik R4 ini mendampingi reinkarnasi Renault 4 versi modern yakni mobil listrik Renault 4 E-Tech yang diluncurkan di Paris Motor Show 2024.

Konsep Retro Modern

Tampilannya merupakan perpaduan motor jenis Scrambler yang bergaya retro dengan fitur dan teknologi modern.

Livery warna biru Cloud Blue nan ikonik dilaburkan pada motor listrik Scrambler ini. Renault 4 saat pertamakali dipasarkan pada tahun 1962 menggunakan warna yang sama.

Agar kokoh namun bobotnya tak terlampu berat, konstruksi frame berbahan baja dipadukan dengan panel bodi berbahan serat komposit. Nuansa retro ala motor Scrambler era ’60-’70an terlihat pada jok kulit suede yang digarap handmade.

Pelek 17-inci tapak lebar berbalut ban jenis semi tracker Anakee Wild lansiran Michelin di depan dan belakang memang terlihat sangat pas. Rider bisa melibas trek semi off-road maupun jalan raya dengan bebas dan leluasa.

Baca juga :  Debut Perdana AION di GIIAS Bandung Tandai Ekpansi Pasar EV

Sistem rem pada roda depan menggunakan cakram 320 mm yang diapit kaliper 4-piston lansiran Brembo.

Motor elektrik penggerak yang diusung memang hanya berdaya 7 kW. Tapi torsinya yang 280 Nm. Hanya saja, kecepatan berkendara dibatasi 99 km/jam.

Baterai 4.6 kWh yang dibopongnya cukup untuk menempuh jarak hingga 110 km. Tak terlampau jauh memang, tapi lumayan jika sekadar untuk berkeliling kota seharian.

Sepeda motor listrik Heritage Spirit Scrambler R4 karya Ateliers HeritageBike yang dipamerkan ini ternyata akan segera diproduksi. Jumlahnya tak banyak, hanya sebanyak 10 unit dengan warna Cloud Blue yang ikonik. Harga per unitnya €26.900 atau setara Rp 453,5 jutaan!

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x