Renault 5 Resmi Lahir Kembali, Pastinya jadi Mobil Listrik

28 February 2024 | 3:30 pm | Indra Alfarisy

Renault 5 lahir kembali! Ya, itu yang digemborkan oleh Renault untuk mobil terbaru mereka. Inilah Renault 5 E-Tech electric yang diperkenalkan secara daring kemarin (27/02).

Ya, namanya merepresentasikan kalau ini adalah sebuah mobil listrik. Bentuknya masih menunjukan sebuah hatchback dengan lekukan khas sebuah Renault 5. Terutama di bagian belakang. Guratan body-nya mengggabungkan kedinamisan dan ketegasan melalui sudut-sudut desain yang variatif.

Renault 5 versi listrik. Sudah dijual.

Mukanya minim grill karena hanya segaris bukaan di bemper dan air dam di bawahnya. Logo Renault di depan itu bisa dibuka dan di baliknya ada soket untuk pengisian ulang baterai. Desainernya memberikan ciri khas berupa lampu persegi yang unik. Anda tidak akan salah kalau ini Renault 5. Entah kenapa, bagian ini mengingatkan kami pada model mobil-mobilan yang dibuat oleh Lego.

Berdiri di atas platform AmpR Small, yang didesain memang untuk mobil listrik berukuran compact. Panjangnya 3,92 meter dengan wheelbase 2,54 meter. Lebarnya 1,7 meter dengan tinggi 1,5 meter.

Sebagai penggerak diberikan tiga opsi. Pertama motor listrik bertenaga 147,8 hp dengan torsi 245 Nm. Varian ini dibekali baterai nikel (NMC) berkapasitas 52 kWh. Jarak tempuhnya 400 km. Kedua 120 hp/225 Nm serta 93,6 hp/215 Nm. Dua yang terakhir ini menggunakan baterai NMC 40 kWh, dengan jarak tempuh hingga 300 km.

Baca juga :  Wuling Operasikan Enam Fasilitas DC Charging Jelang Lebaran

Lama pengecasan ulang dikatakan 30 menit dengan tingkat keterisian 15-80 persen. Tapi untuk DC charging, versi 52 kWh mampu menerima listrik hingga 100 kW. Versi di bawahnya sanggup menelan aliran listrik hingga 80 kW.

Kelengkapan & Harga

Interior renault 5 EV

Menurut Renault, mobil ini dilengkapi fitur yang sangat lengkap untuk sebuah mobil B-segment. Ada cruise control adaptif, pengereman darurat otomotis, lane keeping assist.

Disediakan fitur infotainment dengan sistem operasi OpenR Link, yang merupakan buatan Renault sendiri. Di dalamnya sudah tersedia akses Google. Dengan begitu, Anda bisa membuka Google Maps, Youtube dan sebagainya. Tentunya sudah punya kemampuan Aplle Carplay dan Android Auto nirkabel.

Renault 5 E-Tech untuk versi awal hanya tersedia dalam penggerak 247 hp. Dibagi jadi dua varian bernama Techno dan Iconiq Chic. Harganya mulai dari (setara) Rp 424 jutaan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x