Kia EV6 GT Facelift Tampil di LA Auto Show 2024

3 December 2024 | 6:00 pm | Rizky Dermawan

Pameran otomotif Los Angeles Auto Show (LAAS) yang dihelat pada 22 November – 1 Desember 2024 kemarin mungkin gaungnya kurang greget. Meskipun begitu, Kia justru memanfaatkannya untuk memperkenalkan mobil listrik EV6 GT Facelift versi US-spec model tahun 2026. 

Lantas apa hal baru yang disematkan pada model GT andalan brand asal Korea Selatan ini?

Sedikit Bersolek

Tampilan EV6 GT facelift ini sepintas tak banyak berubah dari versi sebelumnya. Mulai dari bodykit hingga lampunya mirip.

Saat dicermati ternyata lubang intake pada bemper depan dan sirip diffuser belakang mengalami revisi desain. Sirip reflektor pun berubah dari horizontal menjadi vertikal.

Pelek alloy 21 inci palang lima berdesain khusus dan kaliper rem warna Lime-Green bikin EV6 GT jadi makin gaya. Opsi warna eksterior pun makin atraktif. Bosan dengan nuansa kelabu Wolf Gray seperti di foto? Masih ada warna Snow White Pearl, Runway Red, Aurora Black Pearl, dan Yacht Matte Blue.

Kemasan interiornya pun punya ciri khas dengan tema “Black & Neon” yang jadi pembeda varian GT ini dari EV6 biasa. Perpaduan bahan suede dan kulit warna hitam berhiaskan aksen warna Lime-Green.

Jok depan model sport bucket tak hanya dilengkapi fitur penghangat. Pengaturan jok sudah otomatis dengan 8-posisi duduk. Setir juga mengalami ubahan desain.

Pada dashboard terpampang layar digital lengkung yang memadukan sepasang layar digital 12.3 inci. Tampilan sistem navigasi kini juga memanfaatkan fitur augmented reality head-up display (HUD).

Baca juga :  Wuling Cloud EV Jadi Unit Operasional Pemprov Jabar

Upgrade Performa

Sektor performa juag mengalami upgrade. Motor elektrik ganda penggerak all-wheel drive (AWD) yang dibekalkan berdaya 448 kW (601 hp) dengan torsi puncak 740 Nm. Dengan fungsi Boost, untuk sejenak tenaga terdongkrak jadi 645 hp dan torsinya pun bertambah menjadi 770 Nm.

Saat launch control aktif, akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 3,5 detik!

Ternyata yang jadi pembeda antara EV6 GT facelift ini dengan model terdahulu yakni sistem transmisi Virtual Gear Shift yang diadopsi dari Hyundai.

Pengemudi bisa sedikit merasakan sensasi oper gigi ala mobil peminum bensin. Tak hanya simulasi perpindahan gigi, tapi juga modulasi efek hentakan torsi dan sound effect. Untuk mengimbangi performa, Kia juga membekali EV6 GT dengan suspensi berpengendali elektronik dan limited-slip differential elektronik (e-LSD). Mengendarai mobil listrik Kia EV6 GT jadi terasa berbeda.

Baterai yang dibekalkan pun kini kapasitas dayanya lebih besar, dari 77,4 kWh jadi 84 kWh. Jarak jelajah Kia EV6 GT facelift ini mencapai 355 km, berdasarkan standar uji di Korea Selatan. Untuk hasil uji EPA yang berlaku di AS saat ini belum diumumkan.

Pengisian daya tetap bisa menggunakan fast charger DC 350 kW yang tersedia di AS. Hanya butuh 18 menit untuk mengisi daya baterai dari 10 hingga 80 persen.

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x