Pasar sedan kelas kecil di India makin meriah dengan hadirnya generasi terbaru Honda Amaze yang baru saja diluncurkan.
Honda Amaze saat ini sudah memasuki generasi ketiga. Maka cukup pantas jika menyandang label all-new.
Segmen kendaraan small sedan cukup diminati konsumen negara yang populasi penduduknya sudah tembus 1,4 miliar jiwa tersebut. Honda pun optimis dengan masa depan Amaze. Diharapkan bisa memperoleh porsi kue yang cukup besar dari pangsa pasar yang sangat gemuk.
Honda Elevate Versi Sedan?
Pada generasi sebelumnya, Honda Amaze bagaikan versi mungil dari Honda City sedan. Namun kini tampilan desain Honda Amaze mengalami rombakan cukup banyak.
Saat melihat bagian depannya, gayanya identik dengan crossover Honda Elevate yang juga beredar di India.
Kap mesin, bemper, grille dan lampu depan LED-nya yang meruncing sangat ‘plek’ dengan Elevate. Hanya lampu belakang LED model semi-smoke yang desainnya masih mirip Honda City sedan.
Saat dilihat dari samping, bodinya bagaikan versi sedan dari Elevate dengan ukuran yang sedikit lebih kecil. Entah mengapa Amaze dibekali pelek 15-inci yang terlihat agak kekecilan dan bukan ukuran 17-inci.
Interior Ala Elevate
Tak hanya wajahnya saja yang mengadopsi Honda Elevate. Bahkan interior pun seolah bagai memindahkan dari crossover Honda Elevate ke Amaze. Mulai dari dashboard, panel AC, layar instrumen 7-inci hingga setir sangat identik. Yang beda hanya layar head unit. Amaze pakai ukuran 8-inci, sedangkan Elevate berukuran 10.25-inci.
Meskipun sedan ini bentuknya mungil, tapi mampu memuat lima orang penumpang. Hanya bagasinya saja yang sedikit mengecil dibanding generasi sebelumnya, dari 420 liter menjadi 416 liter. Setidaknya bagasi Amaze masih lebih besar 34 liter dari Suzuki Dzire yang jadi rivalnya.
Berkendara Lebih Aman
Dibandingkan generasi sebelumnya, fitur keselamatan berkendara pada new Amaze mengalami peningkatan. Jumlah airbag kini ada enam buah. Sistem bantu berkendara terpadu ADAS Honda Sensing menjadi paket kelengkapan standar pada Amaze varian ZX yang merupakan spek teratas.
Dengan fitur canggih seperti adaptive cruise control dan lane-keeping assist, Amaze masuk kategori mobil dengan teknologi pengendaraan otonom Level 2 (L2). Honda Amaze pun jadi yang terdepan dalam hal fitur keselamatan berkendara dibanding rivalnya di pasar otomotif India.
Bahkan dalam uji keselamatan berkendara NCAP, Honda Amaze meraih predikat lima bintang. Setara dengan Suzuki Dzire.
Tidak Ada Opsi CNG
Honda Amaze model tahun 2025 memang berlabel all-new. Namun ternyata basis platform yang digunakan masih sama dengan Amaze versi terdahulu. Model lain seperti Honda City dan crossover Elevate juga menggunakan platform yang sama.
Mesin yang digunakan pun masih sama, yakni versi 1.2-liter i-VTEC yang bertenaga 89 hp dengan torsi puncak 110 Nm. Opsi transmisinya pun masih sama yakni manual 5-speed dan CVT. Hanya saja setting rasio gigi transmisi sudah mengalami revisi.
Mobil yang beredar di India sebagian besar memiliki opsi mesin dengan bahan bakar CNG (BBG). Bukan lantaran jadi opsi yang paling diminati. Tapi bahan bakar gas di India harganya jauh lebih murah dibanding bensin. Meskipun begitu, Honda tak ikut arus sehingga Amaze tak tersedia versi mesin dengan konverter bahan bakar CNG.
Honda Amaze di India dibanderol mulai dari 7.99 lakh Rupee (Rp 149,9 jutaan) untuk varian entry-level bertransmisi manual.
Varian teratas yakni ZX bertransmisi CVT dan sistem ADAS Honda Sensing harganya 10.89 lakh Rupee (Rp 204,4 jutaan).
Memang sedikit lebih mahal dibandingkan rival terkuatnya yakni Suzuki Dzire yang berada di kisaran 6,79 lakh Rupee (Rp 127,4 jutaan) hingga 10,14 lakh Rupee (Rp 190,3 jutaan).
Tak perlu menunggu lama, Honda Amaze terbaru ini akan tersedia di jaringan dealer Honda seantero India mulai Januari 2025. Honda Amaze akankah meraup sukses di tahun yang baru dan mampu mengimbangi dominasi Tata Tigor, Suzuki Dzire, serta Hyundai Aura? Kita lihat saja…