Review: Nissan Magnite Premium Turbo CVT

24 December 2024 | 7:50 pm | Aldi Prihaditama

Terkadang kami masih mengalami ‘perang batin’ kalau mendengar istilah Sport Utility Vehicle (SUV) kecil. SUV lazimnya memang berukuran besar, setidaknya berdimensi sedang. Tapi kalau fisiknya ringkas, rasanya masih mengundang pertanyaan. Hal unik lain, tren ini sepertinya malah tumbuh di pasar otomotif Tanah Air. Salah satu yang masuk ke ceruk tersebut ialah Nissan Magnite.

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) ingin membuktikan kalau SUV ringkas bermesin kecil, memiliki keunikan tersendiri. Tak tanggung-tanggung, NMDI membawa empat varian Nissan Magnite. Kami langsung saja pilih varian teratas, yakni Premium Turbo CVT.

Kesan futuristis

Eksterior Nissan Magnite punya tampilan yang futuristis. Lampu depannya sudah menggunakan LED, termasuk Daytime Running Light (DRL). Lampu utama juga sudah menggunakan proyektor, supaya tingkat pencahayaan menjadi optimal. Bahkan lampu sein dan driving lights juga menggunakan komponen LED.

Meskipun dimensi mobil ini tidak besar, tapi Nissan tidak ingin kelupaan memasang grille bergaya kekar dan berukuran cukup besar. Grille yang didominasi dengan aksen warna hitam tersebut, membuat logo Nissan terlihat jelas. Nah, di balik grille tersebut ada kamera untuk fitur 360 Around View Monitor. Sedangkan kamera lainnya ada di bawah spion kanan dan kiri, serta di bagian belakang.

Pas untuk kaum urban

Menilik bodi sampingnya, Nissan Magnite memiliki over fender warna hitam bermaterial plastik, untuk menguatkan kesan sebuah SUV. Setiap ruang fender diisi dengan velg 16 inci, yang dibalut ban 195/60 R16. Ground clearance juga lumayan oke, sekitar 205 mm. Jadi tetap meyakinkan untuk penggunaan urban sehari-hari.

Baca juga :  Review: Jetour X70 Plus

Yang menurut kami agak timpang, saat melihat lampu belakangnya. Sebab masih menggunakan bohlam biasa dan belum menggunakan teknologi LED. Menariknya, bodi Nissan Magnite yang kami gunakan ini dilabur dengan paduan warna Flare Garner Red dan Onyx Black. Selain warna tadi, Nissan juga menawarkan warna lain seperti kombinasi Pearl White dan Onyx Black, Storm White, Blade Silver, serta Onyx Black.

Interior modern

Masuk ke interior, maka Nissan memang tidak pelit dengan teknologi modern. Desain dashboard ditata dengan baik. Head unit multimedia berukuran 8 inci bertengger di tengah dashboard, dan dapat terkoneksi dengan ponsel, melalui fitur Apple Car Play atau Android Auto. Lingkar setir juga memiliki beragam tombol control, untuk mengatur fungsi head unit dan cruise control. Sedap kan?

Panel spidometer menggunakan layar TFT berukuran 7 inci dengan resolusi tinggi. Tampilannya cukup jernih dan tidak ada delay dari setiap transisi animasi. Tampilan ini dipadu dengan indikator tachometer, speedometer, serta Multi Information Display. Panel kontrol a/c juga sudah digital, sehingga membuat tampilan dashboard Nissan Magnite ini terlihat futuristis.

Teknologi Nissan GT-R

Menurut kami, aspek yang semestinya paling menggugah calon konsumen ialah mesinnya. Jantung mekanis yang digunakan berkode HR10DET, berkapasitas 1.0 liter dan dilengkapi turbocharger. Mesin tiga silinder ini mampu menyemburkan output sebesar 99 hp dan torsi maksimum 152 Nm. Namun, untuk versi transmisi manual, torsinya bisa melonjak hingga 160 Nm.

Baca juga :  Review: BYD Dolphin Premium Extended Range

Asyiknya lagi, ada teknologi mesin Nissan GT-R yang ada pada mesin Nissan Magnite ini. Teknologi Mirror Bore Coating di ruang bakar, mampu meredam resistensi pada internal mesin dan mereduksi bobot blok mesin. Hasilnya, putaran mesin menjadi lebih ringan, serta efisiensi bahan bakar juga semakin meningkat.

Gampang melahap tanjakan

Kami sudah menduga kalau mobil ini akan memberikan akselerasi yang halus. Bukan menyentak seperti mobil sport bermesin turbo pada umumnya. Karena torsi puncak sudah tersedia linear pada putaran mesin 2.200 hingga 4.400 rpm, maka urusan melahap tanjakan jadi terasa ‘eces’.  

Fitur keselamatan yang ada pada Nissan Magnite, mulai dari sistem pengereman ABS dan EBD, Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HAS), serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Rasa-rasanya, Nissan Magnite Premium Turbo CVT ini hanya punya satu kompetitor terdekat, yakni Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport. Selain performanya mirip-mirip, harganya pun saling mendekati.

Nissan Magnite two tone yang kami gunakan ini dipasarkan dengan harga Rp 310 juta. Terdengar cukup ‘premium’ untuk sebuah SUV kecil. Tapi jangan lupa segala fitur dan teknologi yang tersematkan pada Magnite ini ya…

Daftar Harga Nissan Magnite (OTR Jakarta)

  • Premium CVT Two tone Rp 310.000.000
  • Premium CVT single tone Rp 308.000.000
  • Premium MT single tone Rp 288.000.000
  • Premium MT two tone Rp 290.000.000
  • Upper CVT Rp 300.000.000
5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x