Mobil listrik BMW dipastikan akan berlandaskan Neue Klasse. Hadir dalam beberapa model yang penggunaan energinya sangat efisien. Ini kami pahami sejak mereka memperlihatkan mobil konsep Neue Klasse di Tokyo Mobility Show 2023 lalu.
Namun pada jumat (21/02) lalu, BMW baru mengungkap seberapa efisien mobil-mobil ini nanti, saat menggunakan platform EV terbarunya. Dan angkanya sangat impresif.
Menggunakan platform BMW eDrive (Gen6) dengan arsitektur kelistrikan 800 Volt, beberapa model Neue Klasse bisa berjalan hingga 836 km. Ini lebih rendah dari perkiraan sebelumya yang sejauh 999 km. Tapi tetap saja menakjubkan. Bahkan untuk model yang lebih sporty (seperti M3 elektrik), jarak tempuh minimalnya tidak kurang dari 600 km.
Beberapa terobosan dihadirkan di platform tersebut. Contohnya adalah baterai berbentuk silinder. Biasanya, baterai sebelumnya, saat belum dijadikan satu modul adalah prismatik. Selain itu, mereka menemukan cara yang efisien untuk menjadikan jajaran baterai tersebut untuk menjadi satu battery pack langsung, tanpa dipecah menjadi per modul lagi.
Dan yang tidak kalah penting, baterai berbentuk silindris ini memiliki kepadatan energi 20 persen lebih tinggi dibanding baterai yang ada sekarang. Ini salah satu yang menyumbangkan jarak tempuh yang jauh, serta memangkas waktu pengisian ulang. Dalam rilis resminya, BMW mengatkaan bahwa jarak 300 km bisa diraih hanya dengan 10 menit pengisian ulang menggunakan arus DC.
Buatan Steyr
Untuk mengatur, BMW memiliki satu controller yang disebut BMW Energy Master. Kendali utama ini akan menyediakan interface untuk catu daya tegangan tinggi dan rendah, serta untuk data dari baterai tegangan tinggi.
Energy Master juga mengontrol pasokan daya untuk motor listrik dan sistem kelistrikan kendaraan dan memastikan pengoperasian baterai tegangan tinggi yang aman dan cerdas.
Karena dimensinya yang tipis, baterai ini bisa digunakan di produk mana saja yang ada di dalam naungan BMW Group. BMW memang telah mengkonfirmasi kehadiran M3 dan M4 elektrik, tapi nantinya baterai ini bisa digunakan juga oleh MINI dan Rolls Royce.
Platform Gen6 eDrive akan digunakan pertama pada BMW iX3 yang akan diperkenalkan tahun ini. Diikuti kemudian i3 Sedan tahun depan. Rencananya, BMW akan menggunakan platform tersebut paling tidak di empat model yang kemunculannya disebar hingga 2028 nanti.s
Sementara itu, untuk merakit motor listrik, BMW mengandalkan pabrik Steyr di Austria. Proses produksinya akan dimulai sekitar bulan Juli tahun ini juga. Selain merakit, pabrik BMW Steyr ini juga mengembangkan sistem thermal management serta inverter untuk motor listrik.
Komponen lainnya dikembangkan dan dibuat di fasilitas BMW Landshut. Pabrik ini, sejak dimulainya proyek Neue Klasse, sudah menginvestasikan 200 juta euro untuk mengembangkan alat casting dan mengembangkan bahan metal yang ringan, yang akan digunakan untuk membungkus (casing) motor listrik yang dibuat oleh Steyr tadi.