Akhirnya Mobil Listrik Lexus RZ dan RX Terkencang Resmi Dipasarkan di Indonesia

21 June 2023 | 7:33 am | Indra Alfarisy

Cukup lama menunggu kehadiran SUV/Crossover mewah Lexus RZ di pasar otomotif Indonesia. Mobil listrik ini diperkenalkan pertama kali pada acara GJAW 2023 lalu. 20 Juni 2023 kemarin, Lexus Indonesia mengumumkan secara resmi, mereka menjual mobil ini.

“Setelah memastikan kesiapan dan kelayakan uji kendara, kami sangat antusias untuk mengumumkan bahwa Lexus Indonesia secara resmi meluncurkan The All New Lexus RZ dan The All New Lexus RX Hybrid Electric Performance yang merupakan tipe tertinggi dari seluruh jajaran The All New Lexus RX,” ujar General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma.

Bansar juga menegaskan, ini merupakan momen penting. “Dengan kehadiran kedua model ini, kembali menunjukkan komitmen Lexus dalam memberikan kemewahan yang personal (Making Luxury personal) melalui pilihan kendaraan elektrifikasi yang paling lengkap di Luxury Market Indonesia.” 

Lexus RZ 450e Luxury adalah mobil Lexus pertama yang dibangun dari awal sebagai EV. RZ berdiri diatas platform e-TNGA yang juga jadi basis Toyota bZ4X dan Subaru Solterra. Dibekali baterai 71,4 kWh, diklaim jarak tempuh yang bisa diraih adalah 400 km. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga hingga 308 hp, yang disalurkan melalui sistem gerak empat roda Direct4.

All new Lexus RZ 450e

Dari sisi desain, menurut Lexus, mobil ini mengadopsi konsep yang disebut Seamless e-Motion. Hasilnya adalah, menurut kami body yang aerodinamis dan rupa yang menarik perhatian. Sambil tetap mempertahankan bahasa desain khas Lexus yang terbilang ‘berani’. Meski secara keseluruhan, masih terlihat ini adalah versi mewah Toyota bZ4X.

Baca juga :  Tom’s Racing Bikin Body Kit Dan Knalpot Buat Toyota Prius

Bagian depan mengadopsi bahasa desain spindle body, namun untuk RZ terlihat berbeda karena ini EV. Tidak perlu ada grill berlubang. Hasilnya, seperti yang bisa Anda lihat. Unik. Di bagian samping, tampilannya dilengkapi dengan pelek 20-inci berwarna Dark Premium Metallic.

Sementara atapnya yang melandai ke belakang menjanjikan ruang bagasi lega. Belakangnya dibekali lampu khas Lexus. Dari jauh pun Anda akan paham. Lampu belakang kiri dan kanan seperti disambung oleh garnish merah.

Harga Lexus RZ

Kabinnya dibekali teknologi yang fokus memberikan kenyamanan khas Lexus, plus deretan teknologi yang dirancang untuk memudahkan penggunanya. Terutama dalam hal konektivitas. Dashboardnya sebetulnya minimalis. Namun lekukan desain membuatnya terlihat kompleks. Namun dipastikan, material kabin sangat berkualitas.

Fitur kenyamanan yang menarik, ada radiant heater yang akan berhembus di kaki. Entah diperlukan atau tidak. Yang jelas, menurut klaim mereka, ini pertama kalinya ada fitur seperti itu di Lexus, serta tidak memerlukan daya yang besar.

Harga Lexus RZ 2023? Lumayan mahal. Rp 2.287.000.000. Dengan harga segitu, konsumennya mendapat wall charger AC dan juga mobile charger untuk pengisian ulang. Serta tentunya beragam garansi yang menempel. 

Lexus RX 500h F Sport+

RX 500h adalah varian tertinggi di jajaran Lexus RX. Mesin empat silinder yang dibekalkan memakai turbocharger serta sistem hybrid. Lexus RX500h adalah mobil pertama mereka yang memanfaatkan turbo dengan hybrid paralel. Dilengkapi dengan baterai tipe nickel-metal hydride (NiMH) dengan daya 288V, total tenaga yang dihasilkan sebesar 366 hp.

Baca juga :  Signify Siap Sinari Sirkuit F1 Singapore Dan Las Vegas

Lexus RX 500h F SPort+

Seperti RZ, mobil ini juga dilengkapi penyalur daya Direct4. Namun ada tambahan sistem kemudi empat roda yang dinamai DRS (Dynamic Rear Steering). Pada kecepatan rendah, sistem kemudi seperti ini akan sangat membantu utnuk bermanuver. Lalu di kecepatan tinggi, kestabilan dan ketajaman manuver bisa lebih baik.

Secara desain, mobil ini sedikit dibedakan dengan varian di bawahnya. Ini karena RX 500h F Sport+ dipasangkan body kit yang lebih sporty. Dilengkapi juga dengan pelek F Sport berukuran 21 inci. Pembeda lainnya adalah emblem F SPort di bagian belakang.

Kabinnya terasa mewah dan mahal sekaligus sporty. Joknya dibungkus kombinasi bahan kulit dan suede, setir juga sudah dibalut kulit dan nyaman digenggam. Tidak lupa, ada logo F Sport di beberapa tempat. SUV ini dibanderol Rp 1.961.000.000 (OTR Jakarta).

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x