Brand mobil listrik Aletra yang berada di bawah naungan PT Aletra Mobil Nusantara (AMN) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) di Indonesia menyampaikan saat ini sudah melakukan distribusi hingga 250 unit L8 EV pesanan para konsumen.
Hal tersebut disampaikan oleh Reinhard Jacobus selaku General Manager Executive Aletra. Saat ini tercatat sudah ada 300 surat pemesanan kendaraan (SPK) mobil listrik L8 EV yang diterima Aletra.
Percepatan penyerahan unit kendaraan pesanan merupakan wujud komitmen Aletra dalam memberi pelayanan terbaik kepada konsumen.
“Pada Oktober 2025 ini, sudah ada 300 SPK dan sekitar 250 unit telah kita distribusi,” papar Reinhard jelang Media Trip Aletra di Jakarta, Rabu (8/10/2025).
Guna mempercepat penyerahan unit mobil pesanan konsumen, Aletra meningkatkan produksi yang telah dimulai pada awal semester II/2025. Mobil listrik Aletra L8 EV yang dipasarkan di Indonesia dirakit secara lokal melalui kemitraan dengan PT Handal Indonesia Mobil (HIM) di Purwakarta, Jawa Barat.
Saat ini Aletra baru memasarkan satu model yakni L8 EV yang dibanderol Rp 488 juta, on-the road (OTR) Jakarta. Meskipun jadi pendatang baru, namun Aletra merasa yakin dan optimis terhadap pangsa pasar mobil listrik di Indonesia yang potensial. Target penjualan yang diharapkan bisa dicapai pun cukup prestisius yakni 2.000 unit per tahun. Sebagai tahap awal, pihak Aletra berharap bisa mendekati separuhnya akhir tahun ini.
Perihal model mobil yang ditawarkan belum variatif, Megusdyan Susanto, Chairman & Founder Aletra, menjelaskan jika saat ini pihaknya harus lebih selektif dalam memilih model yang akan diperkenalkan.
“Sebagai perusahaan yang baru, kami memang harus selektif agar mobil pertama yang kami pasarkan benar-benar cocok untuk Indonesia. Tentu kedepannya Aletra akan menghadirkan model lainnya,” ungkap Megusdyan.
Perluasan Jaringan Dealer
Aletra saat ini telah memiliki jaringan dealer di area Pluit, Puri, Kemang (Jakarta) dan Bandung (Jawa Barat). Seluruh dealer Aletra menyediakan layanan 3S (sales, services dan spareparts) dengan fasilitas lengkap dan modern. Para teknisi terdidik dan tenaga layanan konsumen terlatih yang ada di dealer Aletra diharapkan dapat memberikan jaminan kepuasan bagi para pelanggan serta calon konsumen.
Sebagai fasilitas terpadu dan terintegrasi, dealer Aletra terdiri dari sejumlah area. Pada ruang pamer yang ditata dengan apik para konsumen bisa melihat langsung mobil listrik yang dimiliki Aletra.
Di dealer Aletra terdapat area Customer Lounge yang sangat nyaman. Tak hanya jadi ruang tunggu bagi pelanggan yang sedang melakukan servis berkala atau mengisi daya baterai mobilnya. Para calon konsumen juga dapat berkonsultasi seputar mobil listrik Aletra dengan tenaga layanan konsumen yang terlatih.
Di setiap dealer Aletra juga tersedia unit test drive Aletra L8 EV bagi para calon konsumen yang ingin merasakan langsung sensasi berkendara dengan mobil listrik Aletra. Para pelanggan juga bisa melakukan pengisian daya baterai mobil listrik dengan perangkat charger yang tersedia.
Sebagai bagian strategi untuk memperluas jangkauan pasar, jumlah jaringan dealer pun akan terus ditambah mulai kuartal keempat tahun ini. Sejumlah kota besar di Tanah Air akan jadi bagian dari ekspansi Aletra.
Hingga akhir tahun ini ditargetkan bakal ada sekira 15 titik jaringan dealer Aletra yang beroperasi. Hal tersebut merupakan wujud optimisme Aletra yang yakin dapat terus berkembang di pasar mobil listrik Indonesia.