Alfa Romeo Tonale Concept ‘Edizione Bambini’, Gambaran Mobil Ramah Anak

31 March 2023 | 4:00 pm | Rizky Dermawan

Bagi anda yang memiliki anak pada rentang usia mulai dari bayi hingga 11 tahun, tentu kerap mengalami sejumlah kerepotan saat hendak bepergian dengan mobil. Alfa Romeo punya solusinya, Tonale Concept ‘Edizione Bambini’.

Biasanya berbagai keperluan yang harus dibawa di dalam mobil sangat banyak. Mulai dari cemilan, botol susu, mainan hingga stroller bahkan kursi ISOFIX khusus balita.

Nah, selain itu kesamaan dari kanak-kanak pada rentang usia tersebut yakni kerap rewel dan tak bisa duduk anteng di dalam mobil.

Duduk dengan waktu perjalanan yang cukup lama membuat kanak-kanak lekas bosan. Bahkan balita yang duduk di kursi khusus ISOFIX pun kerap kali rewel bukan? Yang paling sering dilakukan oleh kanak-kanak adalah menendang-nendang kursi depan.

Konsep Mobil Ramah Anak

Bambini dalam bahasa Italia artinya adalah kanak-kanak. Ya, mobil yang berbasis dari crossover Tonale ini interiornya dikemas khusus sebagai mobil ramah anak.

Sebelum merancang Edizione Bambini, Alfa Romeo melakukan survei secara acak pada 2.000 responden di Inggris. Seluruhnya merupakan pengguna mobil pribadi yang juga memiliki anak dengan rentang usia mulai dari bayi hingga 11 tahun.

Dari hasil survei tersebut diperoleh kesimpulan, solusi seperti apa yang dibutuhkan para konsumen dari sebuah mobil harian keluarga yang ideal dan ramah anak.

Baca juga :  All New Mercedes-Benz G-Class Hadir Dengan Mesin Diperkecil

Untuk mengantisipasi kanak-kanak yang suka menendang jok depan, maka bagian belakang jok dipasang panel pelindung.

Kompartemen penyimpanan pada mobil tak hanya sangat banyak, namun mudah diakses dengan lekas.

Pada panel plafon terpasang rak barang model geser untuk tempat pakaian ganti anak. Lapisan rak pun dapat dilepas dan mudah dibersihkan seperti halnya karpet kabin.

Ruang kargo di bagian belakang pun dimanfaatkan secara optimal. Para perancang menempatkan box penyimpanan serta rak susun tiga yang dapat dilipat dan dibongkar-pasang dengan mudah. Bagian paling atas dari rak susun ini sekaligus dapat berfungsi sebagai meja.

Nah, untuk memudahkan dalam mengambil perabotan anak, pada bagian belakang jok depan terpasang wadah botol minum, cemilan hingga braket dudukan ponsel maupun layar tablet. Kanak-kanak pun dapat duduk santai sambil menonton film kartun kesukaan mereka selama perjalanan.

Pada bagian belakang konsol tengah terdapat tempat sampah. Kanak-kanak dapat diajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Membersihkan interior mobil dari remah-remah cemilan seperti biskuit maupun keripik memang cukup merepotkan.

Untuk memudahkan dalam membersihkan jok dan karpet lantai mobil, tersedia soket listrik 12 volt untuk alat penyedot debu portable.

Karena titik utama dari konsep desain ada pada area interior, maka tak ada ubahan pada sektor performa maupun eksterior.

Bahan Studi

Sayangnya, entah mengapa Alfa Romeo hanya menjadikan Tonale ini sebatas konsep studi desain. Ya, Tonale Edizione Bambini tidak akan masuk jalur produksi, alias hanya ada satu-satunya di dunia.

Baca juga :  Komoditi Riderspot Bakal Goda Banyak Bikers Indonesia

Hmm… mungkin kelak perangkat tambahan yang ada pada interior mobil ini akan menjadi fitur opsional. Solusi yang sangat kreatif dalam menciptakan mobil harian keluarga yang benar-benar ideal dan ramah anak.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x