Ariel Ace Black Edition, Motor Ganteng Yang Hanya Ada 5 Unit Di Dunia!

18 November 2022 | 11:21 am | Rizky Dermawan

Pabrikan otomotif asal Inggris, Ariel Motor Company memang kerap menghebohkan dunia dengan produknya yang ekstrim dan memacu adrenalin. Anda tentu ingat dengan mobil terbuka Ariel Atom yang super kencang? Tak hanya membuat kendaraan roda tiga atau mobil berkemampuan super, Ariel pun memproduksi sepeda motor beraliran streetfighter kelas berat yakni Ariel Ace.

Nah, pada akhir pekan ini Ariel akan meluncurkan lima unit sepeda motor edisi khusus dengan nuansa warna hitam yang diberi label Ace Black Edition.

Acara peluncuran perdana motor ini bertepatan dengan event Motorcycle Live Show yang berlangsung di National Exhibition Center (NEC) Birmingham, Inggris pada 19 November 2022.

Berlapis Cerakote

Ace Black Edition menggunakan frame aluminium model tralis yang digarap menggunakan mesin CNC dan sambungan frame dilas secara manual. Seluruh bagian frame dilapisi bahan Cerakote dengan warna black satin.

Bagi yang awam apa itu Cerakote, material pelapis ini menggunakan bahan dasar bubuk keramik dengan tekstur bulir yang amat sangat halus (hitungan mikron). Teknologi ini awalnya digunakan pada industri penerbangan dan antariksa.

Pelapisan bahan Cerakote bertujuan untuk melindungi komponen logam dari abrasi dan korosi. Keunggulannya yang tahan gores dan benturan membuat pengaplikasian Cerakote kian berkembang dan merambah pada industri otomotif.

Laburan lapisan Cerakote warna hitam juga merambah tangki berbahan komposit, dek mesin, cover radiator, velg, spakbor hingga panel rangka jok.

Baca juga :  Bikin Pabrik di Subang, Titik Awal Strategi VinFast di Indonesia

Ariel Ace kelam ini juga ditawarkan dalam opsi warna black carbon bagi para konsumen yang tak terlalu suka dengan nuansa warna hitam mengkilat. Selain itu, tersedia pula paket opsional lainnya mulai dari rak bagasi, hingga tambahan jok belakang.

Seperti pada versi standarnya, Ace Black Edition ini dibekali dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.237cc beroutput 172 hp lansiran Honda yang dipadukan dengan transmisi manual 6-speed.

Pihak pabrikan mengklaim sepeda motor single seater ini hanya butuh 2,9 detik untuk melesat hingga 100 km/jam. Top speed nya pun digadang dapat menembus angka 265 km/jam.

Suspensi Ariel Ace Diracik Showa

Suspensi depan mengandalkan garpu adjustable 43 mm lansiran Showa. Dijepit oleh segitiga komstir berbahan billet aluminium plus setang model clip-on. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan monoshock Showa yang dipadukan dengan mono-arm Pro-Link.

Pengereman roda depan menggunakan sepasang cakram floating 320 mm yang dicengkeram kaliper 6-piston. Sedangkan pada rem belakang menggunakan cakram berukuran 276 mm yang dipadukan kaliper 2-piston.

Ariel Motor Company hanya akan memproduksi lima Ace Black Edition berdasarkan pesanan. Masing-masing unit akan digarap oleh satu orang teknisi spesialis. Harganya mulai dari £22.495 atau setara Rp 416,4 juta (off-the road).

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x