Ducati Diavel Kini Mengusung Mesin V4 Granturismo

30 October 2022 | 5:00 pm | Rizky Dermawan

Wujud asli dari sosok moge misterius berheadlamp LED dalam foto yang diunggah oleh Ducati akhirnya terungkap. Dalam acara World Premiere bertajuk “Dare to Be Bold” yang ditayangkan dari Bologna
via livestreaming, Ducati meluncurkan motor terbarunya yakni Diavel V4 model 2023. Ya, Anda tak salah baca, Diavel terbaru sekarang bermesin V4!

Di balik frame monokok aluminium Diavel tak lagi terpasang mesin 1.262cc V-Twin, namun telah digantikan oleh varian mesin 1.158 cc V4 Granturismo seperti yang digunakan pada Multistrada V4.

Mesin yang berbasis dari Desmosedici Stradale V4 bawaan Panigale ini menawarkan output tenaga 168 hp dengan torsi maksimum 126 Nm. Bahkan mesin baru tersebut dilengkapi fitur yang dapat mematikan dua piston saat melaju pada kecepatan rendah untuk menghasilkan konsumsi BBM yang lebih ekonomis.

Dengan adanya perubahan spek mesin pada Diavel, maka model Ducati bermesin di atas 1.000 cc yang masih mengusung mesin V-Twin hanya tersisa XDiavel dan Scrambler 1100.

Ducati mengklaim catatan waktu sprint 0-100 kpj diraih kurang dari tiga detik. Sayangnya, tak disebutkan berapa top speed dari Diavel V4 yang dibekali transmisi 6-speed dengan Ducati Quick Shift ini.

Suspensi depan menggunakan garpu 50 mm dan pada mono-swing arm belakang dibekali dengan monoshock. Kaliper rem Brembo Stylema empat piston mengapit sepasang cakram 330 mm pada roda depan. Sedangkan pada roda belakang dibekali sebuah cakram rem 265 mm yang dijepit oleh kaliper rem Brembo dengan dua piston. Rem depan dan belakang dilengkapi dengan ABS.

Baca juga :  Mudik 2024: Perhatikan Aturan One Way di Tol Biar Tidak Apes

Perubahan Ducati Diavel V4

Posisi ketinggian jok kini lebih tinggi dari sebelumnya menjadi 790 mm untuk menghasilkan posisi berkendara yang lebih nyaman. Dasbor pun menggunakan layar semi digital TFT 5.0-inci dengan koneksi bluetooth dan multimedia. Perangkat sistem navigasi realtime tersedia sebagai fitur opsional.

Selain dilengkapi footpeg yang dapat dilipat, handle boncenger pun dapat dilipat dan tersembuyi. Diavel V4 juga dilengkapi cover jok belakang bilamana sedang tidak membawa penumpang. Headlamp LED dengan DRL yang kini dibekalkan pun tampil dengan desain baru model double-C shape yang semi futuristik. Kapasitas tangki pun kini menjadi 15 liter, sehingga Diavel V4 dapat diajak menjelajah hingga sejauh 312 km.

Empat pilihan mode berkendara yakni Sport, Touring, Urban, dan Wet dapat dipilih sesuai kebutuhan. Masing-masing mode berkendara memiliki setting respon ABS, kontrol traksi dan kontrol wheelie yang berbeda serta dapat disetting ulang secara fine tuning. Fitur berkendara lainnya seperti cruise control dan launch control menjadi kelengkapan standard pada Diavel V4.

Kenikmatan berkendara dan aksi bermanuver serta tampilan tak hanya ditunjang oleh setang model baru, namun juga penggunaan velg dan ban baru. Velg alloy 5-spoke 17-inci yang diusung kini berukuran lebih lebar dengan balutan ban berukuran gambot yakni Pirelli Diablo Rosso III 120/70 ZR17 (depan), dan 240/45 ZR17 (belakang).

Baca juga :  Skuteris Dunia Bersiap Untuk Vespa World Days 2024

Untuk kawasan Amerika Serikat, para Ducatista hanya perlu merogoh kocek sebesar $26.695 untuk membawa pulang Diavel V4. Sedangkan label harga di wilayah Kanada terpaut sedikit lebih mahal, yakni $30.795 (seluruh harga off-the road). Wilayah lainnya belum dikabarkan. 

Diavel V4 teranyar yang hadir dalam dua pilihan warna: Ducati Red dan Thrilling Black ini baru akan mulai tersedia di jaringan dealer Ducati global pada kwartal pertama tahun 2023 mendatang.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x