BAAK 1200 Aventures, Triumph Scrambler 1200 Ala Rally Dakar

1 November 2022 | 12:07 pm | Rizky Dermawan

Kreativitas memang tidak ada batasnya. Triumph 1200 Scrambler bisa ganti konsep jadi motor penjelajah. 

Anda bosan dengan tampilan standar Triumph Scrambler 1200 dan ingin mengubahnya agar terlihat berbeda dan lebih garang? Nah, mungkin motor bergaya adventure berlabel BAAK 1200 Aventures ini dapat menjadi pertimbangan anda.

Motor garapan custom builder asal Perancis, BAAK, menggunakan body kit khusus berbahan aluminium alloy untuk merombak tampilan Triumph Scrambler 1200 sehingga berubah menjadi sebuah motor ala Rally Dakar.

Untuk menggarap 1200 Aventures ini, para teknisi BAAK di Lyon, Perancis mempreteli seluruh bagian body Triumph Scrambler 1200. Mulai dari headlamp, spion, tangka, jok hingga hanya tersisa frame dan mesin.

Dengan karakter sebagai motor penjelajah gurun pasir Afrika yang luas, tangki BBM pun diganti dengan versi buatan BAAK yang kapasitasnya lebih besar. Yakni 30 liter. Ya, nyaris dua kali lipat kapasitas tangki standar Scrambler yang 16 liter. Dengan tangki ini maka Anda dapat menjelajah hingga sejauh 300 km tanpa perlu khawatir kehabisan bensin.

Dengan fungsinya yang beralih menjadi motor off-road, maka posisi berkendara pun disesuaikan. Tampilan depan minimalis dengan headlamp ganda bersusun terlihat mirip seperti wajah robot dalam film A.I. yang dibintangi oleh aktor Will Smith.

Proteksi terhadap cuaca ekstrem pun menjadi perhatian khusus, salah satunya adalah windscreen berukuran besar yang akan melindungi wajah rider dari serpihan kerikil dan debu serta pasir. Knalpot pun kini dibuat mendongak untuk melindungi dari pasir dan serpihan kerikil agar tidak masuk ke dalam pipa knalpot.

Baca juga :  All New Honda BeAT, Lebih Segar dan Lebih Aman

Layaknya motor rally Dakar, plat pelindung berbahan aluminium tahan benturan pun dipasang untuk melindungi mesin dari sempalan batu dan kerikil saat melibas trek gravel mapun gurun pasir. Pada bagian buritan pun kini dibekali box kompartemen tahan benturan dan kedap air dengan volume bagasi yang cukup besar untuk memuat berbagai perlengkapan, onderdil maupun logistik perjalanan jarak jauh.

Biayanya? Hmm…BAAK mematok harga sekira €9.000, hanya untuk body kit konversinya saja dan belum termasuk harga motor Triumph Scrambler 1200 XE. Jadi, setidaknya Anda harus menyiapkan anggaran sekira €20.000-an. Atau setara Rp 309 jutaan. Bagaimana? Anda tertarik?

 

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x