Belum Meluncur Perodua Axia 2023 Sudah Uji Tabrak, Ini Hasilnya

9 February 2023 | 8:48 am | Indra Alfarisy

Perodua Axia 2023, kembaran Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memang belum meluncur resmi ke publik. Rencananya, Axia akan diperkenalkan 14 Februari, sehari setelah Toyota Astra Motor membuka selubung Agya baru. Namun ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) sudah lebih dulu menelaah faktor perlindungan dan keselamatan.

ASEAN NCAP yang berkedudukan di Malaysia mengumumkan hasil uji tabrak tersebut melalui situs resminya. Mereka mengambil sample Perodua Axia SE bermesin 1,0-liter dengan transmisi D-CVT. Ini adalah varian kedua teratas setelah Axia AV. Hasil yang diraih cukup memuaskan. Diganjar empat bintang.

Axia crash test adult

 

Untuk perlindungan manusia dewasa, Axia meraih skor 25,65 (maks 32). Sedangkan untuk keselamatan anak-anak nilainya adalah 43,43 dari angka maksimal 51,0. Untuk perlindungan pengendara luar (motor) saat terjadi tabrakan, hasilnya biasa saja dengan 7,0 dari 16 poin.

Yang menarik, skor untuk fitur keselamatan yang cukup meyakinkan dengan 16,50 dari 21. Di daftar kelengkapan yang biasa ditampilkan oleh ASEAN NCAP, tercatat Axia punya fitur standar ABS, EBD, sepasang airbag. Tambahan opsional, yang kemungkinan tersedia di varian Axia tertinggi ada sistem pengereman otomatis saat melaju di perkotaan. Lane departure warning, forward collision warning dan rear cross traffic alert juga tersedia.

Kalau dihitung total, menurut ASEAN NCAP, perlindungan dewasa mobil ini mencapai skor 32,06. Perlindungan anak-anak 17,03, safety assist 15,71 dan perlindungan motor 8,75. 

Baca juga :  Momobil.id dan Momotor.id, Solusi Trade-in di IIMS 2024

Apakah hasil ini juga bisa merepresentasikan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla? Itu masih harus kita tunggu. Secara platform mobil ini sama-sama menggunakan DNGA (Dahatsu Next Generation Acrchitecture). Mungkin akan ada beberapa hasil yang serupa.

Toyota Agya akan diperkenalkan pada 13 Februari 2023 di Indonesia. Sementara Daihatsu Ayla kemungkinan besar pada 15 Februari. 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x