Toyota Agya Mau World Premiere, Tampilan Perodua Axia Bocor

8 February 2023 | 12:30 pm | Indra Alfarisy

Ini seperti drama yang sudah diatur. Beberapa waktu lalu, Perodua mulai membuka keran pemesanan untuk Perodua Axia, kembaran Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. 6 Februari lalu, Toyota Astra Motor mengirimkan undangan soal world premiere mobil baru di Jakarta 13 Februari 2023.

Perodua axia 2023

Lalu hari ini, bocor tampilan Axia terbaru di situs Malaysia. Usaha kami untuk mencari tahu mobil apa yang akan meluncur 13 Februari nanti, terjawab sudah. Toyota akan memperkenalkan Agya baru.

UPDATE 09/02/2023: Perodua merilis teaser terbaru yang menampakan muka dan bagian belakang Axia 2023.

Perodua axia 2023

Berdasarkan bocoran foto Perodua Axia, seperti yang pernah kami utarakan, generasi Toyota Agya-Daihatsu Ayla baru akan memiliki dimensi fisik lebih besar. Belum ada informasi dimensi tepatnya, tapi di balik kap mesin akan terpasang mesin 1KR-VE. Mesin tiga silinder dengan kapasitas 1.0 liter dengan imbuhan VVT-i. Dan tanpa turbo.

Bukan mesin baru memang, dikutip dari situs Paultan, tenaganya 67 hp dengan torsi 91 Nm. Yang berbeda adalah pensiunnya transmisi otomatis konvensional. Gantinya D-CVT yang diharapkan mampu meningktkan efisiensi BBM dan performa. Mesin dan transmisi ini terpasang pada platform DNGA.

Transmisi Dual Mode

Gearbox D-CVT (Dual Mode CVT) didesain berbeda dengan kebanyakan CVT. pada kecepatan rendah hingga menengah, akan bekerja layaknya CVT biasa. Tenaga akan disalurkan via torque converter menuju puli input. Kemudian dioper melalui belt ke ouput pulley untuk kemudian ditransfer ke roda.

Baca juga :  Tugas Resmi EV Wuling Dalam 10th World Water Forum 2024

Mesin Agya

Tapi saat kecepatan tinggi, D-CVT akan mengaktifkan split mode. Ada gear yang akan bekerja menyalurkan tenaga. Ini mengakibatkan tekanan pada belt akan berkurang dan memperpanjang umur komponen tersebut. Tentunya, hasil akhir yang langsung terasa adalah, transfer daya yang halus di setiap tingkat kecepatan.

Versi Toyota

Belum diketahui apakah Toyota Agya juga akan mengandalkan transmisi dan mesin yang serupa Perodua Axia. Namun untuk menekan ongkos pengembangan dan produksi, bukan tidak mungkin ketiga merek ini akan sama rata.

Perodua Axia baru

Yang pasti, Toyota Agya akan meluncur 13 Februari. Perodua Axia diperkenalkan sehari setelahnya. Daihtasu Ayla? Nanti tunggu IIMS 2023 di Kemayoran.

Nah karena ini di luar kebiasaan (Daihatsu Ayla biasanya dikenalkan duluan), pertanyaan berikutnya lalu muncul. apa yang membuat Daihatsu mengalah? Ada yang beda untuk Ayla nanti? 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x