Rangkaian Mobil Baru di 2023 Yang Layak Diperhatikan

24 December 2022 | 7:00 am | Indra Alfarisy

Tahun 2023 akan jadi masa yang sibuk untuk para APM. Sekaligus jadi waktu yang menyenangkan untuk Anda yang berencana belanja mobil. Pilihannya makin banyak. Sejak September 2022 lalu, kami sudah mencoba gali informasi apa saja mobil yang akan masuk.

Seperti biasa, APM pasti tutup mulut karena menjaga kestabilan penjualan model yang sudah ada. Tapi tetap. Ada saja yang bocor. Di bawah ini adalah prediksi kami soal produk mobil yang akan datang di 2023.  Sayangnya, tidak semua gambar bisa kami tampilkan. 

Toyota Agya & Daihatsu Ayla Generasi Dua

Daihatsu Ayla

Kedua produk kembar ini diperkenalkan pertama kali pada semester kedua 2012. Sepuluh tahun sudah beredar dan tidak ada perubahan yang signifikan. Namun dari sumber yang bisa dipercaya kami dapat informasi bahwa generasi kedua Agya dan Ayla sudah masuk masa pengujian oleh lembaga pemerintah.

Artinya, mobil ini akan segera keluar ke pasaran. Bentuknya berubah total dengan dimensi yang membesar. Terlihat jelas di pilar C yang lebih tebal. Platformnya menggunakan DNGA (Daihatsu Next Generation Architecture) A. Serupa dengan Rocky dan Raize.

Namun mesinnya belum menggunakan turbocharger. Kemungkinan mengandalkan jantung mekanis tiga silinder 1,2 liter dengan kode WA-VE. Tidak menutup kemungkinan ada yang bermesin 1.0 liter turbo. Ya, mesin ini juga digunakan oleh Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Baca juga :  Hyundai Creta 2024 Mau Hadir, Ada Mesin Baru?

Toyota Sienta Generasi Tiga

Toyota Sienta 2023

Informasi kehadiran MPV compact Toyota Sienta generasi ketiga, kami dapatkan dari gambar paten yang didaftarkan Toyota di Indonesia. Anda pasti sudah tahu bentuk dan spesifikasinya untuk pasar Jepang. Untuk Sienta lokal masih belum ada informasi.

Perkiraan kami, kapasitasnya 1,5 liter tapi tiga silinder. Kode mesinnya M15A-FKS. Bukan tidak mungkin juga masuk Sienta Hybrid dengan kapasitas mesin yang sama. Apalagi kalau bisa dirakit lokal dan mendapatkan insentif dari pemerintah.

All New Honda CR-V

Honda CR-V 2023

All New Honda CR-V sudah lama dirumorkan masuk ke pasar mobil baru 2023 di Indonesia. GIIAS 2022 lalu, Honda Prospect Motor (HPM) memamerkan teknologi hebrid e:HEV. Yang menarik, mobil Honda CR-V generasi terbaru juga punya varian hybrid dengan penggerak ini. Lalu gambar patennya juga muncul. Kebetulan?

Pasti tidak. HPM memang mengkonfirmasi akan menghadirkan SUV baru berteknologi hybrid tahun 2023. Ada dua, bahkan. Yang satunya tidak diketahui, satunya lagi kami yakin Honda CR-V generasi keenam.

Versi hybrid-nya dibekali mesin LFA1 berkapasitas 2,0 liter dengan tambahan penggerak listrik dan transmisi CVT. Di Amerika, konfigurasi ini menghasilkan daya hingga 204 hp.

Honda CR-V bensin seperti biasa menggunakan mesin L15 empat silinder dengan tambahan turbocharger. Tenaganya 190 hp. Tidak jauh berbeda dengan yang ada sekarang.

Wuling Asta/Alvez

Wuling Asta HEV

Berdasarkan penampakan mobil berkamuflase beberapa waktu yang lalu, siluetnya menunjukan ini Wuling Asta atau (kemungkinan) Wuling Alvez. Kalau diposisikan secara dimensi, Asta ukurannya lebih panjang dari Toyota Corolla Cross (4.460 mm vs 4594 mm).

Baca juga :  Persiapan Matang MB Club Ina Jelang Jambore Nasional ke-19

Menariknya, SUV ini juga tersedia dalam format penggerak hybrid di negara asalnya. Seperti Wuling Almaz Hybrid, mesinnya 2,0 liter dengan motor listrik yang menggerakkan roda depan melalui DHT (Dedicated Hybrid Transmission). Versi konvensional mengandalkan mesin empat silinder turbo dengan kubikasi 1,5 liter.

Daihatsu Move Canbus

Daihatsu Canbus

Agak mengejutkan saat gambar paten Daihatsu Canbus terlihat di situs DJKI. Entah memang akan meramaikan pasar mobil baru 2023, atau sekedar studi. Ini adalah MPV kecil yang masuk kategori Kei Car di Jepang. Sejak diperkenalkan 2016, Canbus sudah menjejak dua generasi.

Mesinnya tiga silinder dengan kapasitas 658 cc. Ada versi turbo dan NA. Masing-masing tenaganya 63 hp dan 51 hp. Platformnya tidak jauh-jauh dari DNGA-A. Dan, meski menggunakan nama Move, tapi mobil ini tidak ada hubungannya dengan Daihatsu Move, kei car yang juga populer. Malah lebih banyak berbagi komponen dengan Daihatsu Tanto.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x