Bikers 500 cc Siap-Siap Ikut Ujian SIM CI Dengan Hunter Scrambler SK500

6 January 2023 | 1:00 pm | Rizky Dermawan

Saat ini SIM C yang menjadi syarat bagi pengendara sepeda motor berlaku untuk semua kelas kapasitas mesin sepeda motor. Namun tak lama lagi SIM sepeda motor akan terbagi menjadi tiga kategori, yakni SIM C ( max-250 cc), C1 (251 cc – 500 cc), dan C2 untuk motor di atas 501 cc. Ujiannya juga tidak sembarangan, untuk C1, menggunakan Hunter Scrambler SK500. 

Jadi, para pemotor siap-siap untuk ujian praktik SIM sesuai dengan kategori sepeda motor yang digunakan.

Hunter Scrambler Uji SIM

Foto: IG dimaspopo

Pemasaran naked bike asal Australia ini di Indonesia diageni oleh Hunter Motorcycles Distribution Indonesia (PT Indo Pacific Net) selaku distributor.

Unit Terbatas

Perihal digunakannya Hunter Scrambler SK500 sebagai alat uji praktik SIM CI tersebut pun dibenarkan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigjen Pol. Yusri Yunus. Namun untuk saat ini baru tersedia 32 unit alat uji praktik.

“Berkaitan dengan adanya keterbatasan anggaran dan harga unit yang tidak murah, maka untuk saat ini baru tersedia 32 unit alat uji praktik SIM CI,” terang Brigjen Pol. Yusri Yunus, Dirregident Korlantas Polri.

Mengingat jumlah unit alat uji praktik yang terbatas, ujian praktik SIM CI hanya akan diselenggarakan pada satpas kota tertentu. Nantinya pada satpas penyelenggara ujian SIM CI tersebut akan tersedia minimal dua unit alat uji praktik.

Baca juga :  Subaru Tutup Operasional Pabriknya di Asia Tenggara

Nah, lalu bagaimana dengan ujian praktik SIM CII sebagai syarat untuk dapat mengendarai moge kelas di atas 501 cc?

Pihak Korlantas Polri menyatakan bahwa saat ini baru menyelenggarakan uji praktik untuk SIM CI. Sementara untuk tata laksana uji praktik SIM CII masih dalam tahap pengkajian dan belum dianggarkan untuk tahun ini.

Berdasarkan pada Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021, syarat untuk kepemilikan SIM CII telah memiliki SIM CI minimal selama satu tahun.

Dengan demikian, penyelenggaraan ujian SIM CII berikut pengadaan alat uji praktiknya yakni berupa unit sepeda motor kelas 501 cc ke atas paling cepat baru akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Spesifikasi Hunter Scrambler SK500

Uji praktek SIM C1 motor Hunter

Dilihat dari speknya, Hunter Scrambler SK500 dibekali mesin 4-tak 2-silinder paralel DOHC 471 cc berpendingin radiator.

Motor bertransmisi manual 6-speed ini memiliki tenaga maksimum 48 hp dengan torsi maksimum 44 Nm.

Dimensi SK500 adalah (PxLxT) 2.156 mm x 850 mm x 1.177 mm, dan wheelbase 1.479 mm, naked bike kelas 500 cc ini cukup ideal untuk postur tubuh orang Indonesia yang rata-rata tingginya 160-170 cm. Bobotnya pun hanya 175 kg. Tak terlampau berat.

Posisi riding mulai dari posisi kaki, posisi duduk pada jok hingga jangkauan tangan dan handling pada setang terbilang cukup nyaman.

Perihal harga jual Scrambler SK500, pada situs resmi Hunter Motorcycles Indonesia, motor ini label harganya Rp166,75 juta.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x