Bikin Pabrik Baterai, Wuling Motors Perkuat Tajinya di Pasar Indonesia

24 September 2024 | 8:02 am | Rizky Dermawan

Pasar mobil listrik di Indonesia yang semakin menggeliat membuat Wuling Motors optimis untuk memproduksi baterai mobil listrik di Indonesia mulai akhir 2024.

Liu Yan selaku Marketing Operation Director Wuling Motors dalam keterangan persnya mengatakan, keputusan memproduksi baterai secara lokal merupakan bentuk komitmen jangka panjang dari Wuling Motors untuk industri otomotif di Indonesia.

Wuling Motors Indonesia resmikan pembangungan pabrik baterai di Cikarang.

Fasilitas manufaktur baterai yang tengah dipersiapkan masih satu areal dengan pabrik perakitan mobil Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat.

Investasi 500 Juta Dollar

Dana investasi yang digelontorkan dalam membangun fasilitas manufaktur baterai tersebut sebesar $ 500 juta atau sekira Rp 7,5 triliun. Itu untuk tahap pertama, karena pembangunan dilakukan secara bertahap.

Baterai yang akan diproduksi oleh Wuling di Indonesia bernama MAGIC Battery. Nama MAGIC Battery merupakan singkatan dari beragam aspek yang diaplikasikan pada baterai ini yakni ‘M’ (Multifunction Unitized Structure Technology), ‘A’ (Advanced Cell Safety), ‘G’ (Greater Performance), ‘I’ (Intelligent Management) dan ‘C’ (Combustion Free).

Teknologi baterai Multifunction Unitized Structure Technology (MUST) yang digunakan terinspirasi dari desain sayap pesawat. Struktur, panel samping, dan lapisan pendingin merupakan 3 komponen yang berbeda.

Pengumuman pembangunan pabrik baterai Wuling.

Selain itu, peningkatan struktur dan penggunaan lapisan keramik sebagai konduktor panas akan meminimalisir resiko. Seperti  kebocoran, korsleting, penguapan air, hingga panas berlebih.

Baca juga :  Kapan Waktu Tepat Untuk Servis Mobil?

Material dan teknologi baterai dipasok oleh Gotion yang merupakan pemasok baterai untuk Wuling Motors. Proses produksi baterai diharapkan sudah bisa dimulai pada akhir tahun ini.

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x