BMW Seri-3 Facelift Meluncur di Indonesia

2 December 2022 | 10:40 am | Indra Alfarisy

BMW Indonesia memperkenalkan penyegaran untuk jagoan pengisi akun keuangannya, BMW Seri-3. Sedan ini diungkap di Jakarta, 02/12/2022. Di pasar global, BMW melakukan facelift atau biasa disebut LCI untuk mobil ini pada bulan Juli lalu.

Apa bedanya? Secara visual, paling kentara perubahan di bagian muka. Bentuk Kidney grill BMW Seri-3 sedikit lebih lebar. Kemudian bemper baru dengan bentuk air dam hexagonal serta lubang angin di pojokan yang membentuk huruf ‘L’ terlihat lebih sporty dan lebar. Desain lampu depan juga berubah. Tidak ada lagi tonjolan di bagian bawah cover lampu. Hasilnya, menurut kami bentuk muka New 3-series ini terlihat lebih rapi dan bersih.

Di belakang, perubahan BMW Seri 3 terbaru ini agak minim dan harus jeli melihatnya. Lampu rem sedikit lebih tipis dibanding sebelumnya. Lagi-lagi bemper terlihat berubah. Kini memiliki garis desain yang lebih tegas. Dipadukan dengan diffuser yang melebar hingga ke rumah lensa reflektor vertikal.

Perubahan Interior Seri-3

Perubahan yang cukup terasa ada di interior BMW Seri-3. Semua terasa lebih high-tech dibanding sebelumnya. Inilah efek dari penggunaan layar besar di dashboard yang bernama BMW Curve Display. Instrument cluster digital 12,3 inci dirancang seolah menjadi satu kesatuan dengan layar multimedia untuk penumpang, yang ukurannya 14,9 inci. Gara-gara layar ini, BMW harus mendesain ulang bentuk ventilasi AC tengah. Yang kini terlihat lebih tipis. Kendali AC dimasukan ke layar di atas. 

Baca juga :  BMW XM Mystique Allure Gemparkan 77th Cannes Film Festival

Konsol tengah, terlihat lebih bersih. Meski kami kurang yakin dengan cara pengoperasian transmisi. Tadinya masih ada tuas, sekarang ganti bentuk jadi switch. Selebihnya tidak ada yang istimewa. Tatanannya mudah dimengerti dan dioperasikan. Meski, tetap, plastik-plastik di area ini tidak impresif.

Yang lain, kami hanya bisa bilang interiornya khas BMW Seri-3. Material yang digunakan mencerminkan sebuah mobil premium. Kecuali plastik di seputar konsol tengah tadi.

Di balik itu, sistem operasi iDrive terbaru sudah dipakai. New BMW Seri-3 baru kini menggunakan iDrive dengan OS 8. Menurut BMW, akan membuat pengguna lebih familiar karena struktir grafis dan tatanan menu mirip dengan tampilan di layar handphone.

BMW Indonesia menjual sedan ini dalam dua varian utama yaitu BMW 320i dan 330i. Keduanya terbagi lagi dalam beberapa trim yaitu Sport, M Sport dan Dynamic. Detail lengkap akan Anda temukan di artikel selanjutnya.

Sebagai informasi, versi 320i memiliki mesin empat silinder 2,0 liter dengan tenaga 184 hp dan torsi puncak sebesar 250 Nm. BMW 330i juga sama-sama menggunakan empat silinder segaris. Kapasitasnya juga serupa dengan 320i. Tapi tenaga yang dihasilkan lebih besar yaitu, 258 hp, sedangkan torsinya lebih menggugah selera, yakni mencapai 400 Nm.

Anda berminat menebusnya dari dealer BMW? Maka siapkan uang sebesar Rp 1.045 milyar untuk memboyong BMW 320i M Sport, atau dana sebanyak Rp 1,151 milyar guna ditukar dengan satu unit BMW 330i M Sport Pro. Keduanya harga suggested OTR. Impresi lengkapnya ada di bawah ini. 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x