BYD Sealion PHEV: Curi Perhatian Dengan Jarak Tempuh Dan Dimensi

13 August 2024 | 11:55 am | Indra Alfarisy

Ini adalah BYD Sealion dengan penggerak PHEV. Mobil ini mulai dipasarkan di Thailand minggu lalu dan sepertinya akan jadi gebrakan lagi dari merek Tiongkok ini.

Mobil bernama lengkap BYD Sealion 6 DM-i ini asllinya bernama Seal U di pasar RRC. Saat ini, sudah mulai dijual di Australia dan Thailand. Indonesia berikutnya? Mungkin, tapi ada baiknya kita mengenal dulu SUV ini.

Sealion mengandalkan mesin pembakaran internal (ICE) bernama Xiaoyun, dengan konfigurasi empat silinder tanpa turbo (NA). Kapasitasnya 1,5 liter, dengan tenaga 96,5 hp. Torsinya 122 Nm.

Penggerak elektriknya menggunakan motor listrik bertenaga 194,4 hp dengan momen puntir sebesar 300 Nm. Jika dikombinasikan, menurut BYD, Sealion ini memiliki tenaga 214,9 hp. Angka yang cukup menarik untuk sebuah mobil harian.

Tapi yang lebih menarik lagi adalah konsumsi BBM-nya. Diklaim, BYD Sealion mampu menempuh 1.092 km dengan tangki penuh. Baterainya akan menyediakan daya untuk menggerakkan motor listrik sejauh 92 km. Jarak tempuh dalam mode EV tersebut berkat penggunaan baterai Blade berkapasitas 18,3 kWh.

baterai tersebut juga memiliki kemampuan untuk melayani pengisian DC (fast charging) hingga 18 kW. Dengan begitu, isi ulang baterai hanya perlu 35 menit dari 30 hingga 80 persen.

Dimensi Bongsor

BYD sealion pHEV ukurannya lumayan besar untuk di kelasnya.

BYD mengklasifikasikan mobil ini sebagai SUV C Segment. Artinya, akan berhadpaan dengan SUV macam Honda CR-V atau Toyota RAV4.

Baca juga :  600 Unit AION Y Plus Siap Menuju Pemiliknya di Indonesia

Panjangnya 4.775 mm atau lebih panjang 84 mm dibanding CR-V. Lebarnya 1.890 mm dengan tinggi 1.670 mm. Kemudian jarak sumbu roda (wheelbase) sebesar 2.765 mm. Wheelbase ini cukup spektakuler untuk di kelasnya karena lebih panjang dari jarak sum bu roda Toyota Fortuner.

Meski panjang, tapi BYD Sealion 6 DM-i hanya memberikan lima bangku di kabinnya. Kami jadi membayangkan selega apa ruang kaki di mobil ini.

Kelengkapan standar, berkaca dari yang diedarkan di Thailand sudah cukup menarik. Lampu depan dan belakang LED, pelek two-tone ukuran 19-inci, kaca depan sudah double glaze. Ada juga panoramic sunroof, AC dual zone, jok kulit imitasi, dan sebagainya.

Kabinnya dilengkapi sistem infotainment layar monitor 12,8 inci dengan kemampuan rotating (ganti orientasi dari vertikal ke horizontal). Selain itu, sudah disediakan dua wireless charger untuk keperluan isi ulang baterai gadget.

Sistem keselamatan juga komplit. Selain enam airbag dan adaptive cruise control, disediakan kamera 360 untuk memantau situasi di luar mobil. Rear collision warning, blind spot monitoring, lane centering assist dan sebagainya.

BYD Thailand menjual Sealion 6 DM-i dengan harga setara Rp 424 jutaan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x