Cara Agar Kondisi Kendaraan Aman Saat Dibawa Mudik

6 April 2023 | 4:50 pm | Rizky Dermawan

Mudik Lebaran menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, alangkah baiknya mulai menyiapkan kondisi kendaraan agar mudik makin aman dan nyaman.

Selain menjaga kebersihan interior dan memastikan ban serta rem dalam kondisi baik, jangan lupa mesin juga penting dan wajib diperhatikan. Berikut lima tips dalam merawat mesin mobil!

Cek Oli Mesin

Sebelum berangkat, pastikan kondisi oli mesin berada pada volume yang cukup atau penuh, sesuai petunjuk pabrikan. Agar tidak ada sisa ruang yang dapat menyebabkan embun yang dapat merusak mesin. Oli membantu menjaga bagian-bagian penting mesin terlumasi dengan baik dan menjaga temperatur mesin.

Perhatikan Filter Udara

Filter udara mencegah partikel kotor masuk ke mesin yang dapat menyebabkan kerusakan. Filter udara yang bersih membantu menyalurkan udara segar yang dibutuhkan mesin agar terus bekerja seperti yang diharapkan. Menjaga filter udara tetap bersih akan menjauhkan partikel debu tersebut dari mesin kendaraan Anda.

Cek Air Radiator

Fungsi utama radiator ialah menjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Perjalanan jauh dapat membuat mesin mobil bekerja keras dan rentan panas. Untuk itu perlu pastikan volume air radiator terjaga agar mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin. Selain itu, pastikan juga kualitas air radiator yang digunakan. Hindari mengisi dengan air mineral. Mineral dapat menimbulkan karat.

Baca juga :  GIIAS 2024 Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarahnya

Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Memilih bahan bakar yang tepat dan berkualitas merupakan salah satu tips penting dalam menjaga performa mesin. Belakangan ini banyak bahan bakar yang cukup diakui kualitasnya. Mulai dari bp Ultimate series, Pertamax Series, Shell, Vivo dan sebagainya.

Bahan bakar modern ini mengandung formula yang dirancang mampu untuk membersihkan ruang bakar. Dengan begitu, kinerja mesin bisa lebih maksimal dan penggunaan BBM lebih efisien. Tapi jangan lupa juga, untuk menggunakan RON yang sesuai dengan spesifikasi.

Itulah beberapa tips merawat mesin kendaraan menjelang mudik lebaran. Semoga perjalanan mudik Anda menyenangkan dan dapat berkumpul bersama orang-orang tersayang di saat lebaran…

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x