Chery Boyong SUV iCar 03 Yang Siap Diajak Off-road

19 July 2024 | 12:04 pm | Rizky Dermawan

Satu model mobil listrik terbaru Chery  diperkenalkan do GIIAS 2024. Inilah iCar 03. Di negara asalnya yakni China, SUV bertenaga listrik ini punya ‘kembaran’ bernama Jaecoo J6.

iCar dan Jaecoo merupakan bagian dari Chery Group. Jadi tak heran jika keduanya bisa saling bertukar platform maupun rebranding model mobil.

Apa keistimewaan dari iCar 03 sehingga Chery optimis memboyongnya ke Indonesia?

Mobil Listrik Siap Off-road

Sosok mobil listrik yang diboyong Chery kali ini memang berhasil memikat pengunjung GIIAS 2024 di ICE BSD. Meskipun pihak APM belum memaparkan secara rinci, namun diperkirakan spek teknis iCar 03 tak jauh beda dari Jaecoo J6.

Desain eksterior berkonsep ‘Fashion Cube Box’ yang ditampilkan iCar 03 memang keren. Gayanya semi futuristik dengan garis bodi tegas dan postur yang compact.

Chery iCar 03 ini panjangnya 4.406 mm, dengan lebar 1.910 mm, dan tinggi 1.715 mm. Tak terlalu besar, jadi masih bisa bermanuver cukup luwes di kawasan perkotaan. wheelbase 2.715 mm mengindikasikan ruang kabin yang cukup lapang.

Sebagai SUV yang digadang mampu melintasi trek off-road, ground clearance iCar 03 dalam kondisi tanpa beban 223 mm. Dalam kondisi beban penuh ground clearancenya 195 mm. 

Struktur bodi iCar 03 menggunakan bahan aluminium. Tak hanya mereduksi bobot lebih dari 30 persen dibandingkan plat baja. Tapi juga tahan korosi. 

Baca juga :  Toyota Celica Next Gen Siap Hadir Berpenggerak AWD, 390 HP.

Dari ukuran approach angle (sudut masuk) yang 31,8° dan departure angle (sudut keluar) 34°, iCar 03 tak kalah dari mobil compact SUV konvensional. Climbing capacity (kemampuan menanjak) dikatakan hampir menyentuh 55 persen. Nah, hal ini berkaitan dengan output performanya.

iCar 03 bakal hadir dalam dua versi, yakni motor tunggal RWD (gerak roda belakang) dan motor ganda AWD (all-wheel drive).

Versi penggerak roda belakang dibekali motor elektrik tunggal yang bertenaga 137 kW (181 hp) dengan torsi maksimum 184 Nm.

Sementara untuk versi AWD dilengkapi motor elektrik ganda memiliki total daya 208 kW (276 hp). Jadi masuk akal jika iCar 03 punya kemampuan menanjak hingga 55 persen tadi.

Sebagai sumber pasokan daya listrik, SUV listrik ini menggunakan baterai LFP (Lithium Ferro Phosphate) dari CATL. Daya jelajah maksimumnya dikatakan mampu mencapai 500 km. 

Fitur Menggiurkan

Sebagai sebuah SUV yang diklaim siap diajak off-road, iCar 03 dilengkapi delapan Drive Mode standar. Energy Saving Mode, Comfort Mode, Sport Mode, Customized Mode, Loose Road, Slippery Road, Uneven Road, Muddy Road.

Masih ditambah lagi dengan X All-Road Driving Mode khusus untuk iCar 03 versi AWD.

Soal kemampuan menerjang banjir, tak perlu khawatir. Sistem perkabelan dikatakan telah dilengkapi sertifikasi IP67. Bahkan baterainya pun bersertifikasi IPX8 dan IPX9K. Sertifikasi tersebut adalah tanda lolos uji rendam.

Baca juga :  Land Rover Defender Beach Break Edisi Khusus Untuk Anak Pantai

Sistem kelistrikan terutama baterai dan motor elektrik punya maximum fording depth (kedalaman rendam) hingga 600 mm dan tahan rendam selama 6 menit. Jadi meskipun bisa menerabas genangan air, tak bisa terlalu lama juga. Cukup sekadar melintas.

Sudah Bisa Dipesan

iCar 03 sudah bisa dipesan. Selama event GIIAS 2024 para calon konsumen yang berminat bisa order dengan uang muka Rp10 juta. Karena mobil ini masih diproduksi di negara lain, jadi estimasi pengiriman kepada konsumen sekira kuartal pertama tahun 2025 mendatang.

Sayang, harganya belum dipublikasikan. Jadi kita nantikan pengumuman harga resminya yang mungkin bakal muncul dalam waktu dekat.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x