Daihatsu Siapkan Pesaing Sekelas Suzuki Jimny

27 November 2023 | 2:26 pm | Indra Alfarisy

Kesuksesan Suzuki Jimny di pasar Jepang maupun global sepertinya memicu Daihatsu untuk menyiapkan pesaingnya. Hal ini cukup mengejutkan karena Jimny adalah offroader tulen yang berbasis ladder frame. Sementara Daihatsu tidak punya platform seperti itu.

Media Jepang, Bestcar mengemukakan hal tersebut dan mengatakan ini bukan pertama kalinya Daihatsu mencoba menghadang Suzuki. Anda tentu masih ingat Suzuki Hustler yang disaingi oleh Daihatsu Taft.

Khusus untuk mobil sekelas Jimny nanti, Daihatsu tidak akan membuat platform baru memang. Tapi mereka sudah punya DNGA yang dipakai berbagai produk. Dari berbagai Daihatsu Kei Car di Jepang, Daihatsu Rocky hingga Xenia. Termasuk Taft dan Toyota Yaris Cross.

Dan inilah yang akan dimanfaatkan. Jadi, jangan berharap nanti ada Daihatsu dengan gerak empat roda yang bisa dengan mudah menerjang medan off road berat. Mungkin untuk medan yang lebih ringan. Intinya, mobil ini akan bisa digunakan di perkotaan ataupun jalanan rusak.

Belum diketahui juga, apakah Daihatsu pesaing Suzuki Jimny tersebut nantinya hanya akan ada di Jepang, atau akan diekspor. Tapi melihat DNGA mampu dipasangkan mesin yang 1,5 liter empat silinder, kami optimis nanti akan ada di pasar global. Indonesia juga bukan tidak mungkin kebagian, mengingat sepertinya akan cocok di kondisi jalan di negara ini.

Baca juga :  SPK Chery Omoda E5 Bakal Terus Bertambah

Untuk informasi, Toyota adalah pemegang saham mayoritas di Daihatsu. Pada 2019 lalu, mereka juga mengakuisisi 4,9 persen saham Suzuki. Menghasilkan produk kembar seperti Innova Zenix dengan Suzuki Invicto, Baleno jadi Toyota Starlet, Corolla jadi Suzuki Swace.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x