Profil: David Franklin Tak Pernah Bosan Beli Fiat

1 September 2022 | 6:00 pm | Aldi Prihaditama

David Franklin Sudah 55 kali membeli mobil Fiat sepanjang hidupnya.

Jika ada pemilik mobil yang amat berdedikasi terhadap sebuah merk kendaraan, mungkin David Franklin merupakan salah satu orang yang termasuk di dalamnya. Kenapa? Karena pria berusia 84 tahun ini baru saja membeli produk Fiat dan mobil tersebut menjadi Fiat miliknya yang ke-55. Ya, Anda tak salah baca, ia telah memiliki mobil Fiat sebanyak 55 kali sepanjang hidupnya.

Pria asal Buckinghamshire, Inggris, telah memiliki produk Fiat sejak tahun 1963, yakni ketika dirinya membeli sebuah 500D berwarna merah. Uniknya, mobil baru yang ia beli di tahun 2022 ini ialah New 500 (RED) Edition versi listrik, tentunya berwarna merah pula.

Hubungan David Franklin dengan Fiat bermula di tahun 1962, ia bergabung di distributor Fiat sebagai Progress Chaser, di kota Wembley, Inggris. Dalam kurun waktu satu tahun, ia membeli sebuah 500D. Selama 12 tahun bekerja di perusahaan yang sama, ia memiliki karir yang meningkat. Setelah Progress Chase, menuju Car Tester, Technical Representative, Technical Office Manager, dan puncaknya sebagai Operations Manager.

Bersama produk Fiat pula ia sering ikut event motorsport di banyak kota. Sepanjang tahun 1963 hingga 1967, David telah mengikuti tak kurang dari 31 event balap. Lalu, deretan mobil yang dia gunakan untuk event balap ialah Fiat 500, Fiat 500 Abarth, Fiat 1500, Fiat 850, Fiat 850 Coupe, dan Fiat 850 Idromatic.

Baca juga :  Honda dan IBM Kerjasama Buat Riset Cip Semikonduktor

Saat David harus meninggalkan aktivitasnya di kantor dan bekerja di perusahaan milik keluarganya di tahun 1974, loyalitasnya terhadap Fiat tetap terjaga, Sehingga selalu ada mobil Fiat di garasi rumahnya. “Saya mengendarai bermacam mobil Fiat selama hampir 60 tahun. Sudah begitu banyak jarak tempuh yang dilalui oleh saya dan keluarga bersama mobil Fiat. Sebelum pandemi COVID-19 melanda dunia, saya dan istri saya pasti pergi ke Italia, setidaknya satu kali dalam setahun. Terkadang dua kali dalam setahun, saat anak-anak kami masih kecil,” ujar David.

Kini pengalaman berkendaranya semakin lengkap dengan hadirnya Fiat New 500 (RED) Edition bertenaga listrik. “Unit 500 ini layaknya kendaraan Fiat lainnya, karena tetap menyenangkan saat dikendarai. Tenang, kencang, dan pengendaliannya mantap. Terkadang kacamata saya tiba-tiba terlempar ke jok belakang saat saya berakselerasi,” kelakarnya. Kami rasa David Franklin ingin bernostalgia kembali bersama Fiat 500…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x