Duet Triton dan Delica RALLIART Siap Hadapi AXCR 2023

26 July 2023 | 8:38 pm | Rizky Dermawan

Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi RALLIART akan kembali berkompetisi pada Asia Cross Country Rally (AXCR) mulai dari Thailand hingga Laos, Agustus mendatang.

Peningkatan daya tahan dan keandalan

Kehadiran mobil reli berbasis Mitsubishi All-New Triton yang diluncurkan hari ini di Bangkok, Thailand telah didesain ulang sepenuhnya dan berevolusi secara signifikan pada semua aspek. Sesuai regulasi kendaraan AXCR, mobil ini menawarkan performa yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Peningkatan lebih kepada daya tahan dan keandalannya.

Sementara sisi performa berkendara dibuat lebih bertenaga dan responsif di rentang top speed, dan ketangguhan untuk menghadapi kondisi jalan berat yang berlumpur. Mobil reli Triton ini telah dimodifikasi dengan roll cage, bumper guard, serta part carbon fiber di sekujur panel termasuk kap mesin, pintu depan dan belakang, serta tempat tidur kargo.

Dengan pengurangan sisi berat bobot pada komponen interior kendaraan, berat bodi Triton baru ini setara dengan model sebelumnya, meskipun ukuran bodinya lebih besar dari model pendahulunya.

Selain memperpanjang tapak basis mobil, Triton ini memiliki suspensi depan dan belakang khusus reli dengan LSD untuk performa handling yang stabil. Keempat kakinya tersemat pelek aluminium ringan dan ban off-road yang sempit untuk meningkatkan pengendalian di permukaan jalan yang ekstrim.

Baca juga :  GAC Aion Hyper SSR Bakal Menginvasi Pasar Hypercar Eropa?

Mesin baru dengan pemangkasan bobot

Mesin turbo diesel 2.4-liter dikembangkan demi mengurangi hilangnya friksi dan bobot. Sementara pengisi daya turbo baru digunakan untuk meningkatkan output tenaga di seluruh rentang putaran mesin.

Tahapan khusus AXCR termasuk jalur penyeberangan sungai, sehingga penyegelan pada tiap komponen telah ditingkatkan dan mobil ini juga dilengkapi dengan snorkel, untuk menghadapi jalur pengendaraan di air.

Di ajang AXCR 2023, Tim Mitsubishi RALLIART akan berpartisipasi bersama tiga mobil lainnya. Adapun pembalap yang siap diturunkan adalah Chayapon Yotha (Thailand), juara AXCR tahun lalu, Rifat Sungkar (Indonesia), dan Katsuhiko Taguchi (Jepang).

Uji ketahanan sejauh 2.000 km

Hiroshi Masuoka, direktur tim Mitsubishi RALLIART mengungkapkan komentarnya terkait rencana partisipasi tim Mitsubishi RALLIART di AXCR 2023. ”Mobil reli Triton telah menjalani pengujian ketahanan lebih dari 2.000 km di Jepang dan Thailand tanpa masalah besar, dan kami memastikan bahwa mobil ini akan memberikan performa yang lebih baik daripada model tahun lalu di setiap stage, mulai dari tanah datar untuk kecepatan tinggi, hingga stage berlumpur dengan kecepatan rendah. Kami akan berkendara dengan tiga mobil reli, yang masing-masing bersaing untuk kemenangan keseluruhan kejuaraan berturut-turut,” ujarnya.

Direktur tim Hiroshi Masuoka dan teknisi Mitsubishi Motors akan bekerjasama dengan tim sepanjang reli berlangsung dengan menggunakan Delica D:5. Mereka akan melakukan segalanya mulai dari menganalisa kondisi persaingan melalui segmen balap, merumuskan strategi hingga memberikan dukungan teknis di area servis.

Baca juga :  9.000 Orang Padati Daihatsu Kumpul Sahabat 2024

Mitsubishi Motors menyediakan total empat mobil pendukung Delica D:5 untuk mendampingi Tim Mitsubishi Ralliart. Mobil pendukung Delica D:5 memiliki bodi kuat dengan rangka yang kokoh serta sistem 4WD yang dikontrol secara elektronik dalam menghadapi segala cuaca atau kondisi jalan yang sulit.

Kendaraan ini telah disesuaikan untuk dapat melewati seluruh reli, dari tanah datar hingga lumpur. Delica D:5 mengandalkan pelek aluminium dari KERJA dan balutan ban Yokohama yang mampu melewati medan berlumpur. Sistem suspensi depan dan belakang didukung oleh JAOS untuk penanganan jalan yang lebih baik di medan yang berat. Layaknya all-new Triton, mobil pendukung Delica D:5 juga akan mengusung livery merah dan hitam yang melambangkan energi lava yang memancar.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x