Ferrari Kembali Berlaga di 24 Hours of Le Mans dan Menang!

19 June 2023 | 3:09 pm | Rizky Dermawan

Deru mesin mobil balap kembali menggema di Circuit de la Sarthe, Le Mans, Perancis pada 10-11 Juni 2023 lalu. Kejuaraan balap ketahanan 24 Hours of Le Mans yang tahun ini merupakan edisi ke 91 sekaligus bertepatan dengan 1 abad lahirnya event balap bergengsi ini. Tak hanya genap berusia 1 abad, balap Le Mans tahun ini kian meriah, karena Ferrari yang absen dari balapan di Le Mans selama 50 tahun kembali mengaspal di Circuit de la Sarthe. Suara mesin Ferrari terakhir kali membahana di Le Mans pada laga tahun 1973.

Ferrari Kembali Berlaga di Le Mans

Kali ini The Prancing Horse berlaga di kelas balap yang baru yakni di kategori Hypercar (LMH) FIA World Endurance Championship (WEC).

Tak hanya Ferrari saja ternyata yang memanfaatkan kategori Hypercar sebagai momen ‘comeback’. Mobil balap NASCAR yang absen berlaga sejak tahun 1976 kembali mengaspal di Le Mans.

Ferrari vs Toyota

Di era mesin V12 vs V8 setengah abad lalu musuh bebuyutan Ferrari adalah mobil balap Ford GT40. Namun kini Ferrari harus berhadapan dengan Toyota Gazoo Racing yang menjuarai Le Mans 5 kali berturut-turut.

Sepasang mobil balap 499P yang diterjunkan oleh tim AF Corse berhasil menandingi Toyota GR010 pada sesi kualifikasi dan menempati barisan grid terdepan.

Baca juga :  Belum Ada Harga, Hyundai Kona Electric Terpesan Hampir 500 Unit

Aksi adu kuat menyusuri aspal Circuit de la Sarthe yang panjangnya 13,6 km semalam suntuk benar-benar menegangkan dan melelahkan.

Nahas, salah satu mobil balap Toyota GR010 yang dikemudikan oleh Kamui Kobayashi mengalami kerusakan berat dan terpaksa harus minggir. Praktis, duel Ferrari vs Toyota Gazoo Racing pun kini menjadi 2 :1.

Balapan kian menegangkan menjelang laga berakhir. Kali ini nasib mujur mungkin belum berpihak pada Toyota. Saat waktu tinggal 1 jam 44 menit lagi menjelang laga berakhir, rem mobil balap Toyota GR010 No.8 besutan juara bertahan Ryō Hirakawa mendadak macet. Mobil balap Hirakawa pun tak terkendali hingga membentur dinding pembatas. Beruntung para kru pit Team Toyota Gazoo Racing dengan sigap segera memperbaiki kerusakan dan Hirakawa dapat kembali melanjutkan balapan.

Pilot F1 Ferrari, Charles Leclerc yang berada di paddock tim Ferrari pun menyaksikan balapan dengan antusias. Ya, seantusias 300.000 pasang mata penonton yang hadir di Le Mans.

Mobil balap Ferrari 499P tim AF Corse No. 51 besutan trio Alessandro Pier Guidi, James Calado dan Antonio Giovinazzi terus melesat di posisi terdepan dan tak terkejar. Checkered flag pun berkibar dan balapan berakhir. Podium utama balap 24 Hours of Le Mans kali ini menjadi milik Ferrari yang berhasil menjuarai kategori Hypercar dengan menyelesaikan 342 lap dengan total jarak tempuh 4.659,40 km!

Baca juga :  Suka Sedan EV? AION ES Bisa Jadi Pilihan

Pupus sudah harapan Team Toyota Gazoo Racing untuk meraih gelar juara Le Mans yang keenam kalinya. Tahun ini Hirakawa bersama dua tandemnya yakni Sébastien Buemi dan Brendon Hartley harus puas berada di posisi dua.

Balapan 24 Hours of Le Mans tahun ini benar-benar menjadi momen bersejarah bagi Ferrari. Bravo…!

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x