First Drive Xpeng X9 Dari Jakarta ke Sentul

14 October 2025 | 1:49 pm | Firdaus Ali

Kami mendapat kesempatan first drive Xpeng X9 dari Jakarta ke Sentul. Mencoba mobil MPV premium ini tentu menyenangkan karena bisa merasakan langsung kenyamanan mobil asal China ini.

Melihat desain eksterior Xpeng X9 menyenangkan, sebab kombinasi desain bagian depan, samping dan belakang serta desain velg terlihat serasi.

Pertama kami langsung mencoba sebagai pengemudi, posisi tempat duduk bisa diatur sesuai dengan tinggi badan kita. Dan pengaturan joknya sudah elektrik sehingga lebih praktis. Yang tak kalah penting, material sarung joknya juga sudah menggunakan bahan leather premium yang tidak membuat punggung panas atau gerah.

Setelah mengatur posisi tempat duduk (posisi berkendara), pedal gas langsung diinjak dan mobil berjalan dengan smooth. Posisi persneling menggunakan tuas yang posisinya ada disebelah kanan setir layaknya mobil listrik terbaru.

Perjalanan dimulai, sebelum memasuki jalan tol, kami melewati jalan di Pondok Indah. Hebatnya, meski punya dimensi yang cukup bongsor, yaitu panjang sekitar 5,2 meter, lebar 1,9 meter dan tinggi 1,7 meter, Xpeng X9 masih nyaman untuk menembus kemacetan jalanan tersebut. Sebab visibilitas yang mumpuni membuat pengemudi merasa sedang tidak dalam mobil yang besar.

Fitur kamera 360 juga sangat membantu pengemudi melihat secara utuh sekitar mobil. Jadi, meski melewati jalanan yang padat oleh mobil dan sepeda motor, pengemudi bisa lebih waspada dalam memposisikan mobilnya.

Baca juga :  Polisi Tilang Rolls-Royce Berpelat Palsu di Makassar

Memasuki jalan tol kami mencoba performa dari Xpeng X9. Untuk meraih kecepatan 100 km/jam sangat mudah. Jenis baterai yang digunakan Xpeng X9 adalah LFP (Lithium Ferro Phospate) dengan kapasitas 84,5 kWh terpasang pada varian standar, sedangkan NCM (Nickel Cobalt Mangan) dengan kapasitas 101,5 kWh dipasangkan ke varian long range pro dan long range pro+.

Selain itu, Xpeng X9 juga menawarkan sistem baterai dengan teknologi fast charging. Pengisian daya 10 persen hingga 80 persen bisa ditempuh dalam waktu singkat, menjadikan mobil ini praktis untuk penggunaan harian.

X9 sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8295 dan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang menghadirkan smart cockpit responsif dan adaptif terhadap kebiasaan pengguna.

first drive xpeng x9

Sampai dilokasi tujuan tentu saja mobil harus diparkir dengan benar. Nah, Xpeng X9 ini juga nyatanya sudah mengadopsi fitur parkir otomatis sehingga memudahkan pengemudi.

Oh ya, Xpeng X9 yang dijual di Indonesia hadir dalam 3 pilihan varian, yaitu:

  • Standar: jarak tempuh 500 km
  • Long Range: jarak tempuh 590m km
  • Long Range Pro Plus: 590 km.

Adapun untuk harga OTR wilayah Jakarta:

  • Standar: Rp 990 juta
  • Long Range: Rp 1,059 miliar
  • Long Range Pro Plus: Rp 1,099 miliar.

Kenyamanan Kabin Interior Mumpuni

first drive xpeng x9

First Drive Xpeng X9 bukan hanya mencoba mengemudi saja, kami juga mencoba duduk di bangku baris kedua dan ketiga untuk merasakan langsung kenyamanan dan kelengkapan fitur pendukungnya.

Baca juga :  5 Rekomendasi Pilihan Sampo Mobil Terbaru 2025

Fitur unggulan pertama dari Xpeng X9 adalah kursi pijat pada bangku baris depan dan tengah. Fitur ini jelas bisa membantu pengemudi atau penumpang menjadi lebih rileks dan meminimalisir letih saat perjalanan jauh.

Kemudian di bangku baris kedua juga ada fitur zero gravity. Yaitu pengaturan kursi baris kedua yang dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan dengan mengubah posisi rebah kursi secara otomatis, sehingga lutut dan dada sejajar. Fitur ini juga dilengkapi dengan electric ottoman yang menyangga kaki.

Sensasi kemewahan kabin interior juga diperkuat dengan layar besar 21,4 inci, kulkas multifungsi (dingin/panas), sistem udara XFree Breath Microclimate, dan audio premium Xopera 23-speaker surround sound. Selanjutnya, kabin terasa lega dengan luas mencapai 7,7 m² serta ruang bagasi hingga 2.554 liter. Tak ketinggalan, fitur karaoke dengan mikrofon bawaan menambah hiburan di perjalanan.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x