Haval Jolion Hybrid Akan Dibuat di Indonesia, Ini Spesifikasinya

7 May 2024 | 9:28 am | Indra Alfarisy

Great Wall Motors (GWM) sedang fokus ekspansi di tanah air. Setelah menjual Tank 500 dan Haval H6 HEV, target berikutnya adalah memasarkan Haval Jolion hybrid di Indonesia.

Tidak tanggung, mobil ini akan diproduksi secara Completly Knocked Down (CKD) di Wanaherang, Bogor. Kok bisa? Tentu. Ingat, GWM beserta Inchcape yang menggawangi pemasaran di Indonesia, mengambil alih pabrik perakitan Mercedes-Benz di Kabupaten Bogor itu. Bahkan ini adalah fasilitas perakitan Inchcape pertama di dunia.

Tapi itu cerita untuk lain hari. Mari kita kenalan dengan Haval Jolion dulu. SUV ini, diposisikan di bawah H6, meski sama-sama mengusung platform Lemon. Diperkenalkan pertama di Beijing Auto Show 2020, nama Jolion diambil dari bahasa setempat (Chulian) yang artinya ‘cinta pertama’.

Di pasaran, Jolion akan bertemu dengan kompetitor macam Mitsubishi XForce atau Honda HR-V.

Sistem Penggerak

Jolion

Mesin Haval Jolion mirip dengan yang dipakai H6 HEV di Indonesia. Sama-sama mengusung mesin GW4 dengan imbuhan turbocharger. 

Untuk informasi, khusus Jolion HEV diperkenalkan pertama di Thailand tahun 2021 lalu. Dan ini sepertinya yang akan dipasarkan di Indonesia. Mesin ICE-nya berkode GW4G15H.

Versi RRC, punya tenaga kombinasi 188 hp dengan torsi 375 Nm. Versi Indonesia belum diketahui berapa besaran tenaganya.

Dimensi

Haval Jolion akan masuk Indonesia

Karena posisinya di bawah H6, Jolion memiliki ukuran yang lebih kecil. Panjangnya 4.472 mm, lebar 1.841 mm dengan tinggi 1.619 mm. Wheelbase yang tersedia sebesar 2.700 mm.

Baca juga :  Mitsubishi Pajero Sport Alami Facelift, Transisi Sebelum New Model?

Dibandingkan HR-V, mobil ini 87 mm lebih panjang dari HR-V tipe RS, dengan wheelbase yang juga lebih lega 90 mm dari semua varian compact SUV buatan Honda itu.

Kelengkapan

Di negara asalnya, dibekali layar multimedia sebesar 12,3 inci dengan instrument cluster digital tujuh inci. Sistem suaranya diolah oleh Harman dengan kemampuan konektivitas Apple Carplay dan Android Auto.

Sistem bantu berkendara (ADAS, Advance Driver Assistant System) juga lumyan lengkap. Ada automatic emergency braking, rear cross traffic detection, lane keeping dan sebagainya.

Layak Ditunggu?

Kalau memang GWM Indonesia akan memasarkan versi hybrid, maka untuk pertama kali di kelasnya ada yang berpenggerak seperti ini. Berdasarkan pengalaman kami dengan GWM Tank dan Haval H6 HEV, kualitasnya bisa diandalkan.

Tapi untuk berkesimpulan lebih lanjut, kita tunggu saja Haval Jolion hybrid hadir di pasar Indonesia.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x