Hino Raih Top Brand Award Selama Delapan Tahun Berturut-turut

20 August 2025 | 2:12 pm | Rizky Dermawan

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meraih penghargaan bergengsi Top Brand Award 2025 dalam ajang “Respectful Brand”. Acara ini digelar pada Selasa, (12/8) di The Imperial Grand Ballroom, Intercontinental Resort, Jimbaran, Bali.

Anugerah tersebut kian mengukuhkan posisi Hino sebagai merek terdepan di industri kendaraan niaga di Indonesia. Prestasi ini bukanlah yang pertama. Sejak 2018 hingga 2025, Hino berhasil mempertahankan gelar Top Brand Award selama delapan tahun berturut-turut. Hal ini menjadi bukti nyata konsistensi Hino dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, serta membangun loyalitas di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Susilo Darmawan, Sales Director HMSI dan Wibowo Santoso – Supply Chain, Marketing & Communication Division Head HMSI. Diserahkan oleh Handi Irawan, pendiri Frontier Group sekaligus inisiator Top Brand Award.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh tim Hino serta kepercayaan luar biasa dari para pelanggan setia kami. Kami akan terus berinovasi, memperkuat layanan purna jual, dan memberikan solusi terbaik agar Hino tetap menjadi partner bisnis andalan di Indonesia,” ujar Wibowo Santoso – Supply Chain, Marketing & Communication Division Head HMSI.

Kriteria Penilaian

Perlu diketahui, Top Brand Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada merek dengan reputasi kinerja terbaik berdasarkan survei yang melibatkan lebih dari 15.000 responden di berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga :  Sinergi Maxdecal, VW, dan EKRAF, Bukti Visi Ekonomi Kreatif

Top Brand Award merupakan penghargaan yang digagas oleh Frontier Group, bertujuan mengukur kekuatan merek di pasar melalui survei independen. Survei dilakukan setiap tahun untuk mengetahui merek yang paling diingat, paling banyak digunakan, dan memiliki loyalitas pelanggan tertinggi di berbagai kategori industri.

Saat Ini Punya 8 Parts Depo

Ada tiga indikator utama dalam penilaian yaitu Top of Mind Awareness, Future Intention (Loyalty), dan Market Share (Usage). Dalam survei tersebut, Hino berhasil menempati posisi puncak di segmen kendaraan niaga. Hal tersebut dapat dicapai berkat keunggulan produk yang tangguh, efisien, dan sesuai kebutuhan operasional pelanggan.

Keberhasilan ini juga didukung oleh jaringan layanan purna jual yang luas. Saat ini Hino Indonesia memiliki 161 jaringan outlet yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Air.

Hino saat ini telah memiliki 8 parts depo guna memenuhi rantai pasokan suku cadang. Para konsumen pun tak merasa khawatir karena ketersediaan suku cadang terjamin.

Perawatan armada kendaraan konsumen tak hanya didukung sebanyak 611 Service Bay. Tapi juga tersedia layanan jemput bola dengan adanya sebanyak 159 titik Mobile Workshop Services. Para teknisi terlatih dan berpengalaman akan datang menyambangi konsumen, bahkan ke lokasi terpencil yang jauh dari bengkel resmi Hino sepeti area pertambangan maupun perkebunan tempat armada kendaraan konsumen berada.

Layanan ini mampu meminimalisir waktu tunda, dengan demikian kinerja operasional armada kendaraan dari para pelaku usaha bisa lebih optimal.

Baca juga :  Toyota New bZ4X Produksi Indonesia Siap Meluncur Akhir Tahun 2025

Dengan produk yang unggul serta layanan purna jual yang terbaik, maka loyalitas konsumen tetap terjaga bahkan meningkat.

Terbukti, market share yang dicapai Hino di pasar kendaraan niaga nasional selama lebih dari dua dekade selalu mendominasi. Prestasi angka penjualan dari tahun ke tahun selalu menjadi yang teratas meskipun tentunya ada dinamika pasang surut.

Sepanjang semester I/2025, Hino meraih angka penjualan secara wholesales (dari pabrik ke dealer) sebesar 8.202 unit dan retail sales (dari dealer ke konsumen) mencapai 10.301 unit. Jumlah kendaraan niaga yang diproduksi Hino pada semester I 2025 mulai Januari hingga Juni tercatat 9.843 unit.

Keberhasilan yang dicapai menjadi catatan penting sekaligus hadiah jelang perayaan 43 tahun kiprah Hino di Indonesia.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x